Melandri Pertanyakan Masa Depan MotoGP Tanpa Rossi

Oleh Yus Mei Sawitri pada 20 Apr 2017, 11:45 WIB
Valentino Rossi

Bola.com, Austin - Pebalap Superbike, Marco Melandri, menyatakan Valentino Rossi punya pengaruh sangat besar di ajang MotoGP. Pria Italia itu pun mempertanyakan masa depan MotoGP jika suatu saat nanti The Doctor memutuskan undur diri alias pensiun dari ajang balap motor kelas premier itu. 

Melandri mengatakan saat ini popularitas MotoGP sangat jauh melebihi Superbike. Menurut pria yang juga pernah berkiprah di ajang MotoGP tersebut, sosok Rossi dan Dorna selaku operator punya andil di dalamnya. 

"Tak mudah untuk mengangkat (popularitas) Superbike. MotoGP menjadi pusat perhatian (pencinta balap motor dunia). Selain itu pengelolanya juga sama (Dorna). Jadi ketika mereka mengelola dua kejuaraan sekaligus, mereka tahu mana yang lebih menghasilkan," kata Melandri, seperti dilansir Tuttomoriweb, Kamis (20/4/2017). 

Saat ditanya faktor apa yang bisa membuat popularitas Superbike mendekati MotoGP, Melandri langsung menunjuk Valentino Rossi. Melandri menilai masa depan MotoGP kemungkinan bakal terpengaruh ketika Rossi pensiun. 

"Kita lihat saja apa yang terjadi di MotoGP saat Valentino pensiun. Namun, untuk Superbike, saat ini ajang ini tak dipromosikan dengn maksimal. Kami harus meningkatkan promosi melalui televisi," tegas Melandri.  

Rossi hingga saat ini belum mengumumkan kapan bakal mengakhiri kiprahnya di ajang MotoGP. Pada akhir musim lalu dia memperpanjang kontraknya di Movistar Yamaha hingga akhir 2018. 

Valentino Rossi memperbarui kontrak karena ingin mengejar ambisinya meraih gelar juara dunia ke-10. Namun, dia tak pernah mengumumkan apakah jika gagal merealisasikan misinya itu bakal pensiun pada 2018 atau kembali memperpanjang kontrak bersama Yamaha.