Mantan Rival Sebut Perjuangan Marquez di MotoGP 2017 Bakal Berat

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 21 Apr 2017, 05:17 WIB

Bola.com, Buriram - Mantan pebalap grand prix, Tomoyoshi Koyama, melihat Marc Marquez akan berjuang keras untuk mempertahankan gelar juara dunia MotoGP pada musim ini. Menurutnya ada banyak pebalap yang bakal menjadi pesaing Marquez.

 

Koyama menunjuk Maverick Vinales sebagai rival terberat Marquez. Pebalap Movistar Yamaha itu dinilai tampil sangat kuat pada musim ini.

Jika melihat performa Vinales sejak tes pramusim hingga seri kedua MotoGP 2017, Koyama bukan asal bicara. Vinales mampu membuat pebalap seperti Marquez, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi tak berdaya.

Namun, mantan rival Marquez pada balapan grand prix kelas 125 cc ini mengatakan Vinales bukan satu-satunya ancaman buat The Baby Alien. Masih ada nama Rossi, Dani Pedrosa, dan Lorenzo yang belakangan belum tampil apik bersama Ducati.

"Saya pikir musim ini tak akan mudah buat Marquez. Maverick Vinales merupakan pebalap yang sangat kuat, dan tentu saja Valentino Rossi masih kompetitif," kata Koyama selepas balapan Asia Road Racing Championship 2017 di Sirkuit Buriram, Thailand, beberapa waktu lalu.

"Mungkin setelah beberapa balapan Jorge Lorenzo juga bakal bangkit. Lalu juga ada Dani Pedrosa. Ini akan sangat sulit buat Marquez ada begitu banyak pebalap yang kuat," tambahnya.

Pebalap asal Jepang itu menyebut insiden yang menimpa Marquez pada balapan MotoGP Argentina, 9 April 2017, semakin memberatkan langkah Marquez. Namun, Marquez diyakini masih memiliki peluang untuk menang.

"Kejuaraan masih panjang. Masih ada beberapa trek yang mungkin bisa dia menangi. Sebut saja balapan di Spanyol seperti Jerez dan Valencia. Marc Marquez masih berpeluang untuk mempertahankan gelar juara," tutur Koyama.