Dovizioso Minta Regulasi Kualifikasi MotoGP Diubah

Oleh Andhika Putra pada 21 Apr 2017, 20:06 WIB

Bola.com, Texas- Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, meminta Dorna selaku penyelenggara MotoGP mengubah regulasi kualifikasi yang sebelumnya menghitung catatan waktu terbaik dari tiga sesi latihan bebas. Dovizioso menilai regulasi saat ini membuat para rider tak memiliki lebih banyak waktu untuk mencoba berbagai settingan pada motor.

"Saya merupakan salah satu pebalap yang menginginkan adanya perubahan regulasi tentang kualifikasi," ujar Dovizioso dikutip dari Motorsport, Jumat (21/4/2017).

"Saya telah mencoba menekan penyelenggara sejak musim lalu, tapi sama sekali belum ada tanggapan. Namun, ketika MotoGP Argentina lalu saya mendapat dukungan dari pebalap lain dan akan kembali memperjuangkan hal ini," sambungnya.

Saat ini regulasi MotoGP mengharuskan setiap pebalap untuk melewati dua babak kualifikasi untuk menentukan starting grid mereka. Sepuluh pebalap yang memiliki akumulasi catatan waktu terbaik dari tiga sesi latihan bebas akan langsung masuk dalam babak kualifikasi kedua, sedang sisanya harus melewati kualifikasi pertama.

Menurut Dovizioso cara ini kurang efektif dan membuat pebalap terlalu banyak membuang ban. Mantan rider Repsol Honda itu mengusulkan agar hanya sesi latihan bebas pada hari Sabtu saja yang diakumulasikan catatan waktunya untuk menentukan pebalap mana yang lolos kualifikasi kedua. 

"Jika regulasi diganti, maka konsekuensinya latihan bebas pertama di hari Jumat bakal berjalan membosankan dan tidak berguna karena para pebalap tidak akan mengejar waktu terbaik," tutur rider berusia 31 tahun tersebut.

"Namun, dengan cara lama, setiap pebalap tak memiliki banyak waktu untuk mencari solusi dari masalah yang ada pada motor mereka karena harus terus mencari waktu terbaik pada hari Jumat," tambahnya.

Keinginan Andrea Dovizioso untuk mengubah regulasi kualifikasi MotoGP mendapat dukungan dari rider Pramac Ducati, Scott Redding. Pebalap asal Inggris itu menilai usul Dovizioso bakal memberi banyak keuntungan untuk para rider.

"Saya sepakat dengan Andrea Dovizioso. Ide yang dia keluarkan tidak buruk karena selama ini kami melakukan tiga sesi latihan bebas dengan banyak membuang waktu untuk hal percuma," tutur Redding.