Sukses


Angka-angka Menarik di Balik Kemenangan Bersejarah Dani Pedrosa

Bola.com, Jerez - Kemenangan Dani Pedrosa pada balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (7/5/2017), benar-benar sarat makna. Selain masuk buku sejarah, The Little Samurai juga mencatat rekor baru di kejuaraan dunia balap motor grand prix.

Kemenangan di Jerez menjadikan Pedrosa menjadi pebalap pertama yang meraih minimal satu kemenangan setiap musim dalam 16 tahun secara beruntun sepanjang sejarah grand prix balap motor.

Selain itu, pebalap Spanyol berusia 31 tahun itu kini berdiri sejajar dengan dua nama besar lainnya, yaitu Angel Nieto dan Mick Doohan. 

Yang pasti kemenangan di Jerez juga membuat Dani Pedrosa masuk dalam perburuan titel MotoGP 2017. Dia kini berada di posisi keempat klasemen sementara, hanya terpaut 10 poin dari Rossi yang memuncaki klasemen.

Berikut ini angka-angka menarik di balik kemenangan Dani Pedrosa pada balapan MotoGP Jerez, Minggu (7/5/2017):

 
2 dari 3 halaman

1

 12

Dani Pedrosa juga menyamai catatan legenda MotoGP asal Italia, Giacomo Agostini, soal rentetan kemenangan terpanjang di kelas primer (500cc/MotoGP). Agostini dan Pedrosa sama-sama selalu meraih minimal satu kemenangan dalam semusim selama 12 tahun secara beruntun.

16

Dani Pedrosa menjadi pebalap pertama yang meraih minimal satu kemenangan setiap musim dalam 16 tahun secara beruntun sepanjang sejarah grand prix balap motor. Pebalap asal Spanyol itu tak pernah putus meraih kemenangan pada setiap musim sejak 2002 saat masih berkiprah di kelas 125cc. Pedrosa tak meraih kemenangan pada musim debut di kelas 125cc pada 2001.

Tak ada yang menandingi pencapaian Pedrosa dalam hal tersebut, termasuk Valentino Rossi. Rentetan Rossi terhenti di angka 14 (1997-2010) setelah gagal meraih kemenangan saat pindah ke Ducati pada 2011.

Pebalap aktif yang paling dekat dengan Pedrosa adalah Jorge Lorenzo yang selalu meraih kemenangan dalam 11 musim secara beruntun. Namun, rentetan kemenangan Lorenzo terancam terhenti pada musim ini karena performa dia bersama Ducati belum meyakinkan meski naik podium di Jerez.

3 dari 3 halaman

2

30

Kemenangan Dani Pedrosa di Jerez merupakan yang ke-30 selama berkarier di MotoGP atau sama dengan koleksi Marc Marquez.

100

Dani Pedrosa mempersembahkan kemenangan ke-100 buat tim Repsol Honda di kelas MotoGP.

146

Dani Pedrosa menyamai catatan Jorge Lorenzo soal jumlah finis di posisi podium di semua kelas dengan 146. Untuk urusan ini, Pedrosa dan Lorenzo hanya kalah dari Valentino Rossi (224) dan Agostini (159).

3000

Dani Pedrosa jadi kampiun di Jerez pada balapan ke-3.000 grand prix balap motor. Dia kini berdiri sejajar dengan dua nama besar lainnya, yaitu Angel Nieto dan Mick Doohan. Nieto memenangi balapan ke-1.000 grand prix, sedangkan Doohan naik podium teratas pada balapan ke-2.000.

Video Populer

Foto Populer