Marquez Komentari Ketimpangan Kinerja Honda di MotoGP dan F1

Oleh Yus Mei Sawitri pada 14 Mei 2017, 08:50 WIB
Marc Marquez dan Fernando Alonso

Bola.com, Jerez - Pebalap Spanyol, Marc Marquez, mengaku ikut terkejut dengan kinerja buruk tim Honda di ajang F1. Performa tim McLaren-Honda di F1 pada musim ini sangat bertolak belakang dengan prestasi mereka di arena MotoGP.

Di kancah MotoGP, Honda telah mengemas dua kemenangan melalui Marc Marquez dan Dani Pedrosa. Tim pabrikan asal Jepang tersebut perlahan juga sudah menemukan solusi atas beberapa permasalahan yang membelit pada awal musim 2017.

Sebaliknya, tim McLaren-Honda masih terseok-seok di kancah F1. Alih-alih naik podium, tim McLaren-Honda masih mencari formula untuk merebut poin pertama. Mesin Honda sangat bermasalah sehingga sang pebalap Fernando Alonso, dalam beberapa kesempatan secara halus mengancam bakal hengkang jika tak juga ada solusi.

Alonso bahkan memilih "menyegarkan diri" dengan absen dari GP Monako, dua pekan mendatang. Dia memilih terbang ke Amerika Serikat untuk berpartisipasi di ajang Indianapolis 500.

"Saya rasa semua orang terkejut dengan yang dialami Honda di F1. Kadangkala hal seperti ini bisa terjadi, yaitu Anda memulai proyek dan tak berjalan dengan baik. Di Formula 1 semuanya berubah setiap tahun," kata Marc Marquez mengomentari keterpurukan Honda di F1, seperti dilansir Tuttomoriweb, Minggu (14/5/2017).

Namun, Marquez menyatakan tak ingin terlibat terlalu jauh tentang kondisi yang dialami Honda di perlombaan jet darat. "Saya merupakan bagian keluarga Honda, tapi saya hanya tertarik dengan MotoGP," kata Marquez.

Honda bekerja sangat mengesankan di MotoGP sehingga mampu mengantar Marquez meraih tiga gelar juara dunia dalam kurun waktu empat musim. Sebaliknya, selama tiga musim memperkuat tim McLaren-Honda, Alonso tak mampu menembus peringkat lima besar.

"Di MotoGP kami (Honda) bekerja sangat baik dan terlibat dalam pacuan gelar juara dunia. Itu hal yang terpenting. Tapi, saya mendoakan yang terbaik untuk tim Honda di Formula 1," tegas Marc Marquez.