Sukses


2 Tantangan yang Dihadapi Valentino Rossi di MotoGP Prancis

Bola.com, Jakarta - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menghadapi dua tantangan besar pada rangkaian balapan MotoGP Prancis, di Le Mans, Jumat-Minggu (19-21/5/2017). Selain masalah ban yang belum menunjukkan titik terang, cuaca di Le Mans diprediksi bakal diwarnai hujan.

Balapan di Le Mans diprediksi bakal berjalan menarik. Faktor penyebabnya beragam, salah satunya pemuncak klasemen sementara, Valentino Rossi, dengan penghuni peringkat keempat, Dani Pedrosa, hanya dipisahkan 10 poin.

Selain itu, rekor Honda dan Yamaha dalam empat tahun terakhir cukup berimbang. Honda menang dua kali pada 2013 dan 2014 melalui Dani Pedrosa dan Marc Marquez, sedangkan Yamaha juarai dua edisi terakhir lewat Jorge Lorenzo yang telah hijrah ke Ducati.

"Peran ban akan sangat mendominasi," kata Rossi mengenai balapan MotoGP Prancis, seperti dilansir GP One, Selasa (16/5/2017).

Penyataan Rossi sangat sulit dibantah. Tim pabrikan memang dituntut bisa menyetel motor dengan mempertimbangkan kondisi ban. Namun, Michelin terlihat menunjukkan karakter yang berbeda di tiap-tiap balapan, sehingga cukup menyulitkan tim, termasuk Yamaha.

Gara-gara masalah ban, dua pebalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, terseok-seok di MotoGP Jerez, Minggu (7/5/2017). Vinales hanya finis di posisi keenam, sedangkan Rossi terpaksa menyudahi balapan di urutan ke-10.

Rossi pun ditantang untuk mencari jawaban di Le Mans untuk problem ban yang dihadapinya. Mampukah dia dan Vinales menemukan solusi yang tepat dan kembali bangkit setelah menelan hasil mengecewakan di Jerez?

Beruntung, Rossi dan Vinales mengantongi sedikit keuntungan karena beberapa hari lalu sempat menjalani tes di Le Mans. Namun, keuntungan itu bisa menguap jika kondisi cuaca di Le Mans tak seperti harapan.

Ya, prakiraan cuaca menunjukkan hujan kemungkinan bakal mengguyur area di Le Mans, setidaknya hingga Sabtu. Para pebalap, termasuk Valentino Rossi, harus mempersiapkan diri, terutama pemilihan ban, menghadapi cuaca yang diwarnai hujan ini jika ingin meraih hasil maksimal di MotoGP Prancis.

Video Populer

Foto Populer