Marc Marquez Akui Sulit Taklukkan Sirkuit Le Mans

Oleh Yus Mei Sawitri pada 16 Mei 2017, 21:30 WIB
Marc Marquez

Bola.com, Le Mans - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, punya kans merebut puncak klasemen sementara MotoGP 2017 jika mampu menjuarai balapan di Sirkuit Le Mans, Prancis, Minggu (21/5/2017). Namun, rekam jejak sejarah menunjukkan itu bukan misi yang mudah bagi The Baby Alien.

Sirkuit Le Mans mampu membuat kelemahan Honda mencuat, terutama dalam hal akurasi. Marquez juga terbukti tak mampu naik podium di MotoGP Prancis sejak jadi juara pada 2014.

Kesulitan menaklukkan Sirkuit Le Mans diakui oleh Marc Marquez, yang pada balapan sebelumnya menempati posisi runner up.

"Le Mans itu sirkuit khusus dan layout-nya berbeda dengan dengan lintasan-lintasan lain," ujar Marquez, seperti dilansir Crash, Selasa (16/5/2017).

"Le Mans benar-benar sirkuit sempat, treknya pendek, dengan banyak tikungan stop and go. Sebagai perbandingan, karakternya berbeda dengan sirkuit Montmelo, namun masih bisa dinikmati," sambung juara dunia MotoGP 2013, 2014, dan 2016 tersebut.

Marc Marqurez masih berada di peringkat ketiga klasemen sementara MotoGP 2017. Namun, dia hanya berselisih empat poin dengan sang pemuncak sementara, Valentino Rossi, yang mengoleksi 62 poin. Posisi kedua ditempati pebalap Yamaha, Maverick Vinales, dengan nilai 62.

Jika bisa menang di Le Mans, Marquez bakal mengudeta puncak klasemen apapun hasil pebalap lain. Marc Marquez akan menempati puncak klsemen sementara untuk kali pertama musim ini. Mampukah Marquez menggusur Rossi dari posisi puncak?