Marc Marquez Diyakini Bakal Lewati Rekor Valentino Rossi

Oleh Yus Mei Sawitri pada 17 Mei 2017, 09:50 WIB
Valentino Rossi dan Marc Marquez

Bola.com, Le Mans - Pengamat MotoGP asal Italia, Carlo Pernat, meyakini pada masa depan Marc Marquez mampu melewati rekor Valentino Rossi. Menurut Pernat, Marquez tak memiliki rival yang sangat mengancam, kecuali Maverick Vinales.

"Saya pikir Marquez bakal mengalahkan rekor Rossi pada masa mendatang. Saya tak melihat lawan selain (Maverick) Vinales," kata Pernat, seperti dilansir Tuttomoriweb, Selasa (16/5/2017).

Rossi total sudah mengoleksi sembilan gelar juara dunia selama berkarier di ajang grand prix. Perinciannya, The Doctor sekali juara dunia di kelas 125cc, sekali di kelas 250cc, dan tujuh kali di level MotoGP.

Namun, peluang Rossi untuk banyak menambah titel sulit direalisasikan karena usianya sudah menginjak 38 tahun. Pebalap asal Italia tersebut kemungkinan bakal pensiun jika berhasil meraih gelar juara dunia ke-10.

Di sisi lain, Marc Marquez yang baru berusia 24 tahun sudah mengoleksi lima gelar juara dunia. Satu titel diraih Baby Alien di kelas Moto3, sekali di Moto3, dan tiga gelar di MotoGP yang direngkuh dalam empat musim terakhir.

Menurut Pernah, kans Marquez menambah banyak gelar masih sangat terbuka. Apalagi, Pernah menyebut tak ada rival yang benar-benar mengancam pada di arena MotoGP selain Vinales. Pebalap Spanyol, Jorge Lorenzo, yang sebelumnya sangat kompetitif, kini peluangnya menjadi seteru utama Marquez agak meredup setelah hijrah ke Ducati. Dengan karier yang masih panjang, Marquez memang punya peluang untuk memecahkan berbagai rekor yang sekarang berada dalam genggaman Rossi. 

Saat ditanya kans Marquez menambah pundi-pundi gelar pada tahun ini, Pernat menjawab singkat.

"Tahun ini tergantung pada dirinya sendiri (Marc Marquez). Jika dia tak berhati-hati dan sering jatuh, dia berisiko kehilangan gelar juara dunia," tegas Pernat.