Jorge Lorenzo Ungkap Kunci Perkembangan Positif di Ducati

Oleh Yus Mei Sawitri pada 17 Mei 2017, 19:10 WIB
Jorge Lorenzo

Bola.com, Le Mans - Pebalap Ducati, Jorge Lorenzo, mengatakan perkembangan positif performanya pada MotoGP Jerez tak lepas dari faktor adaptasi penggunaan rem belakang. X-Fuera mengaku mulai terbiasa menggunakan rem belakang sehingga perlahan menemukan ritme yang pas bersama Ducati. 

Selama sembilan tahun di Yamaha, Lorenzo tak pernah menggunakan rem belakang. Proses adaptasi itulah yang membuat Lorenzo terlihat sangat kesulitan pada tiga balapan pertama bersama Ducati di MotoGP 2017.

"Saya mulai menggunakan rem belakang di Qatar. Saya sebelumnya tak pernah menggunakannya. Saya menggunakannya ketika tak punya cukup waktu saat mengerem. Sekarang saya lebih terbiasa dan saya lebih sering memakainya," ujar Lorenzo, seperti dilansir Motorsport, Rabu (17/5/2017).

"Rem belakang sedikit membantu untuk menghentikan motor, saat memasuki tikungan hanya sedikit selip. Energi yang digunakan pun juga berkurang. Memang tak sepenuhnya natural untuk pergerakan, tapi membantu," sambung pebalap Spanyol tersebut.

"Dengan motor lain (Yamaha) yang saya pakai selama sembilan tahun, saya tak butuh rem belakang, terutama saat mengerem, untuk menghentikan motor. Dengan motor ini, saya perlu menggunakannya, atau ini cukup membantu untuk menghentikan motor."

Berkat adaptasi yang lebih baik dengan rem belakang, Lorenzo akhirnya berhasil naik podium untuk kali pertama bersama Ducati, di MotoGP Jerez. Dia finis di posisi ketiga, di belakang duo Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marquez.

Pada tiga balapan sebelumnya, Lorenzo hanya sekali menembus posisi 10 besar, tepatnya finis kesembilan di MotoGP Austin, Adapun di MotoGP Qatar, Jorge Lorenzo menempati posisi ke-11 dan gagal merampungkan balapan di MotoGP Argentina. 

Fadil FelicoFadil Felico

ga mungkin cuma karena rem belakang -__- anak sd juga tau laah ada hal lain