Zarco Ungkit Lagi Insiden Senggolan dengan Rossi di MotoGP Austin

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 18 Mei 2017, 07:12 WIB
Valentino Rossi, Johann Zarco, MotoGP

Bola.com, Le Mans - Pebalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco, kembali mengungkit insiden senggolan yang melibatkan dirinya dengan Valentino Rossi di MotoGP Austin, 23 April 2017. Dia mengatakan perlu untuk melakukan manuver seperti itu dalam persaingan di MotoGP.

Sebelumnya, Zarco tak terlalu banyak berkomentar soal insiden itu. Pebalap asal Prancis tersebut mengaku tak ingin mencari masalah dengan pebalap pabrikan Yamaha tersebut.

"Itulah MotoGP. Saya menyalip Valentino karena merasa dalam posisi bagus pada saat itu," ujar Zarco seperti dikutip Sport Rider, Rabu (17/5/2017).

Zarco dan Rossi memang sempat terlibat insiden pada lap ketujuh saat bersaing memperebutkan posisi ketiga di Austin. Ketika itu Zarco berusaha menyalip Rossi dengan cara tak lazim pada tikungan ketiga, sehingga keduanya bersenggolan ringan. Buntutnya, Rossi memotong lintasan pada tikungan keempat.

Setelah insiden tersebut Rossi kemudian mendapat penalti 0,3 detik gara-gara insiden dengan Zarco. The Doctor dianggap mengambil keuntungan karena menggunakan sisi lintasan.

"Itu kadang diperlukan untuk melakukan hal seperti ini, karena itu ada kesempatan untuk melewatinya. Saya bertanya-tanya pada diri sendiri, apakah bisa melakukannya atau tidak. Saya mungkin saja terjatuh, jadi saya hanya terus melaju," tambahnya.

Meski demikian, penalti tersebut tak memengaruhi hasil balapan di MotoGP Austin. Rossi tetap finis kedua. Sementara Zarco menyelesaikan balapan di posisi kelima. Namun, The Doctor tetap mengecam Zarco terkait insiden itu.