MotoGP: Ini Sosok di Balik Impresifnya Johann Zarco

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 18 Mei 2017, 08:22 WIB
Johann Zarco, MotoGP

Bola.com, Le Mans - Pebalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco, tampil impresif pada MotoGP 2017. Padahal, ini merupakan musim pertamanya setelah promosi dari Moto2.

 

Pada empat balapan awal MotoGP 2017, pebalap asal Prancis ini tiga kali finis di posisi lima besar, yaitu di Argentina, Austin, dan Jerez. Sementara pada seri perdana MotoGP di Qatar, Zarco gagal finis setelah terjatuh. Namun, saat itu dia sudah mencuri perhatian karena sempat memimpin balapan.

Performa impresif Zarco tak lepas dari tangan dingin Laurent Fellon, sang pelatih. Berkat Fellon, Zarco menjadi pebalap yang penuh motivasi dan tak pernah takut untuk bermimpi.

"Dia merupakan pelatih, manajer, dan mentor saya. Laurent satu-satunya orang yang bisa mengajarkan saya untuk melakukan ini," ujar Zarco seperti dikutip Sport Rider, Rabu (17/5/2017).

Zarco mengungkapkan tak pernah berambisi untuk masuk lima besar MotoGP. Namun, Fellon memberikan motivasi dengan menyebut sang anak didik bisa selalu finis di enam besar.

"Pada awalnya saya mencoba untuk finis di 10 besar, tapi setelah melihat semuanya berjalan, pelatih mengatakan saya bisa selalu berada di enam besar," tutur Zarco. "Sangat penting untuk belajar tidak terburu-buru."

Saat ini, Zarco menempati posisi keenam klasemen sementara pebalap MotoGP 2017 dengan koleksi 65 poin. Dia sementara menjadi rookie terbaik pada balapan MotoGP musim ini.