Sukses


Nicky Hayden, Sang Pemutus Kejayaan Valentino Rossi di MotoGP

Bola.com, Jakarta - Eks pebalap MotoGP asal Amerika Serikat, Nicky Hayden, meninggal dunia di Rumah Sakit Maurizio Bufalini, Cesena, Italia pada Senin (22/5/2017). Pria berusia 35 tahun itu menghembuskan nafas terakhirnya setelah sempat dirawat di rumah sakit hampir sepekan.

Pebalap asal Amerika Serikat itu mengalami kecelakaan saat bersepeda dan sebuah mobil menabraknya. Hayden yang saat mengalami kecelakaan masih aktif membalap di ajang Superbike itu mengalami cedera berat di kepala dan dada, yang mengakibatkan ia akhirnya meninggal dunia, meski sudah mendapat perawatan intensif.

Nicky Hayden berlaga di ajang MotoGP pada rentang tahun 2003-2016. Ia sukses merebut gelar juara dunia MotoGP pada 2006. Pebalap berjuluk The Kentucky Kid itu memang hanya satu kali meraih gelar juara dunia MotoGP. Namun keberhasilan tersebut begitu fenomenal karena menghentikan dominasi Valentino Rossi yang tengah berada dalam penampilan puncak pada masa jayanya.

Sejak naik ke kelas tertinggi di ajang balap motor GP500 dan MotoGP, Rossi meraih gelar juara dunia mulai tahun 2001. Keberhasilan itu berlanjut pada tahun 2002, 2003, 2004 dan 2005. Rentetan kemenangan Rossi dihentikan oleh Hayden yang merebut gelar juara dunia itu pada 2006.

Pada musim tersebut, Hayden memang hanya dua kali naik podium tertinggi, yaitu di Assen (Belanda) dan Laguna Seca (AS). Namun konsistensi Nicky Hayden, yang ketika itu membalap buat tim Repsol Honda, membuatnya bisa unggul dari Valentino Rossi yang akhirnya hanya menjadi runner up MotoGP 2006.

Video Populer

Foto Populer