Sukses


Marc Marquez Menyukai Layout Baru Sirkuit Catalunya

Bola.com, Catalunya - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku menyukai layout baru Sirkuit Catalunya. Menurut Si Bayi Alien, chicane baru selepas tikungan 13 sangat technical dan menantang karena pebalap sulit mencari titik pengereman yang pas.

Marquez dan beberapa pebalap MotoGP lain berkesempatan menjajal layout baru Sirkuit Catalunya pada tes privat, Rabu (24/5/2017). Tak seperti mayoritas pebalap yang tak senang dengan layout baru trek di Montmelo itu, sang juara dunia bertahan tersebut justru berkomentar positif.

"Dalam tes kami fokus memahami layout baru sirkuit. Chicane baru trek ini memang terasa agak aneh, terutama pada beberapa lap awal. Namun, chicane itu jarang ada di sirkuit MotoGP dan saya pun perlahan akhirnya menyukainya," kata Marc Marquez seperti dikutip dari Motorsport.

Sirkuit Catalunya mengalami modifikasi menyusul insiden yang merenggut nyawa pebalap Moto2, Luis Salom, pada balapan tahun lalu. Perubahan yang dilakukan adalah penggunaan layout F1 pada tikungan 10 dan penambahan chicane selepas tikungan 13. Layout baru sirkuit sudah akan digunakan pada MotoGP Catalunya, 11 Juni.

Marquez mengatakan keberadaaan chicane memaksa pebalap mengubah kebiasaan saat melibas tikungan 13. Jika sebelumnya para pebalap bisa melibas tikungan ke kanan tersebut dalam kecepatan tinggi, kali ini mereka harus memperlambat laju motor karena keberadaan chicane.

"Kami mencoba limit motor di chicane baru tersebut karena sangat techincal, sulit, dan tak mudah menemukan titik pengereman yang pas. Pada bagian lain sirkuit, kami bisa memacu motor dalam kecepatan tinggi, tapi di bagian tersebut sensasinya sangat berbeda," ujar Marc Marquez.

Video Populer

Foto Populer