Sukses


5 Pebalap MotoGP yang Punya Hobi Mengendarai Motocross

Bola.com, Jakarta - Beberapa pebalap MotoGP punya keahlian mengendarai motocross di lintasan lumpur. Bahkan, kegiatan berkendara motocross dijadikan sebagai pengisi waktu luang mereka di sela-sela padatnya jadwal balapan MotoGP.

Secara teknis, pengoperasian motor jenis MotoGP dan motocross tidak jauh berbeda. Salah satu yang berbeda adalah motor MotoGP dibuat untuk lintasan beraspal halus dan menggunakan ban tanpa bunga.

Sementara itu, motocross dibuat dengan bentuk yang lebih tinggi dengan suspensi yang sensitif. Permukaan bannya pun berbentuk kotak-kotak sehingga memiliki daya cengkeram yang baik di lintasan lumpur.

Meski demikian, sejumlah pebalap MotoGP tidak kesulitan mengendarai motocross. Bahkan, mereka menjadikan balapan motor di lintasan lumpur itu sebagai hobi di luar kariernya sebagai pebalap MotoGP.

Salah satu pebalap MotoGP yang diketahui sangat gemar menggeber motor motocross adalah Valentino Rossi. Pebalap berjuluk The Doctor tersebut bahkan pernah mengalami cedera cukup parah gara-gara hobinya itu. Namun, insiden tersebut tak membuat Rossi kapok. Dia tetap melanjutkan hobinya mengendarai motocross. 

Siapakah pebalap lain yang memiliki hobi yang sama dengan Rossi? 

Berikut ini 5 pebalap MotoGP yang juga gemar mengendarai motocross:

2 dari 6 halaman

Valentino Rossi

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menjadi yang paling sering terlihat mengendarai motocross di sela-sela jadwal MotoGP. Rossi mengaku sudah lama menjadikan motocross sebagai menu latihan mengasah kemampuan di lintasan.

Menurut Rossi, mengendarai motor di lintasan berlumpur merupakan salah satu metode latihan terbaik. Meski begitu, Rossi tak menampik hobinya tersebut memiliki tingkat bahaya tinggi.

"Saya suka berlatih motocross meski sangat berbahaya bagi kami. Cara itu adalah bentuk latihan yang baik, tetapi terlalu berbahaya," kata Rossi seperti dikutip Speedweek, Jumat (16/12/2016).

Pada Mei lalu, Rossi sempat mengalami kecelakaan ketika mengendarai motocross. Selepas pulih, Rossi ternyata tidak kapok dan masih mencicipi adrenalin dari motocross.

3 dari 6 halaman

Marc Marquez

Sama seperti Valentino Rossi, Marc Marquez juga menjadikan motocross sebagai olahraga pengasah kemampuan. Marquez menilai mengendarai motor di medan berlumpur memberikan dampak positif di lintasan MotoGP.

"Motocross memang tengah populer di kalangan pebalap MotoGP beberapa tahun terakhir. Metode latihan yang diterapkan di motocross memang terbukti memberi banyak dampak positif bagi kami," ujar Marquez dikutip dari Speedweek, Jumat (16/12/2016).

Jadi, wajar rasanya bila Marquez lebih sering mengisi waktu luangnya dengan bermain motocross ketimbang berpelesir. Selain itu, Marquez juga sering mengasah daya tahan tubuh dengan olahraga bersepeda.

4 dari 6 halaman

Andrea Dovizioso

Gairah mengendarai motocross juga dimiliki Andrea Dovizioso. Pebalap Ducati itu mengklaim mengendarai motor di lintasan lumpur menjadi hobi keduanya setelah balapan MotoGP.

Dovizioso bahkan rutin mengendarai motocross. Hobi tersebut dilakoninya di sela-sela balapan MotoGP.

"Passion besar saya yang lain adalah motocross. Saya sangat sering berlatih motocross, tak hanya ketika musim dingin tapi juga di tengah musim balapan,” ucap Dovizioso, seperti dikutip British GQ, Rabu (19/7/2017).

5 dari 6 halaman

Andrea Iannone

Minat Andrea Ianonne terhadap motocross mulai terendus pada Januari 2017. Pebalap Suzuki Ectsar itu mengunggah video sedang menikmati lintasan berlumpur di daerah Caresana MX Park, Ottabiano, Italia.

Dalam video berdurasi satu menit itu, Iannone terlihat menikmati latihan menggunakan motocross. Pebalap asal Italia itu tak canggung melakukan manuver-manuver khas motocross seperti melompati gundukan tanah.

Hal itu dilakukan Andrea Iannone dalam kondisi tubuh yang berdiri. Namun, pebalap berjuluk The Maniac tersebut tampak menikmati andrenalin yang didapatnya di motocross.

6 dari 6 halaman

Alvaro Bautista

Pebalap Pull & Bear Aspar Team, Alvaro Bautista, juga punya hobi mengendarai motocross. Pebalap asal Spanyol itu menjadikan motocross sebagai kesibukannya di luar lintasan MotoGP.

Bautista sempat mengalami kecelakaan motocross pada 2010. Saat itu, Bautista gagal melakukan manuver sehingga jatuh dan membuat tulang punggungnya patah.

Meski demikian, Bautista tetap tak kapok menggeber motocross. Sampai saat ini, Bautista masih sering mengunggah kesibukannya mengisi waktu luang dengan motornya itu di lintasan lumpur.

Video Populer

Foto Populer