Tak Impresif, Kontrak Sam Lowes Diputus Aprilia

Oleh Andhika Putra pada 11 Agu 2017, 21:05 WIB
Sam Lowes

Bola.com, Salzburg - Pabrikan asal Italia, Aprilia Gresini, memutuskan mengakhiri kontrak Sam Lowes, pada akhir 2017. Kepastian nasib Lowes tersebut diputuskan Aprilia, Kamis (10/8/2017). 

Manajer Lowes, Roger Burnett, membenarkan kabar tersebut dan menyebut kliennya tak akan membela Aprilia pada MotoGP 2018. Sebelumnya Lowes diikat kontrak selama dua musim bersama Aprilia hingga 2018. Namun, tim memutuskan untuk tak memperpanjang kerja sama setelah melihat performa Lowes yang tak impresif.

Burnett menyebut keputusan ini sangat tidak adil bagi Lowes yang baru menjalani musim perdana di MotoGP setelah naik kelas dari Moto2. Namun, Burnett tetap menghargai sikap yang diambil Aprilia.

"Dalam kesepakatan kontrak, Aprilia memang berhak untuk mengevaluasi performa Lowes pada 10 dan 15 Agustus 2017. Mereka kemudian memutuskan untuk memutus kontrak pada 10 Agustus kemarin," ujar Burnett dikutip dari Motorsport, Jumat (11/8/2017).

"Ini cukup mengejutkan dan rasanya tidak ideal memberikan keputusan seperti ini kepada pebalap rookie yang harus memulai musim perdananya dengan motor baru," sambungnya.

Hingga paruh pertama, Lowes baru mengoleksi dua poin dan menempati posisi ke-24 pada klasemen sementara MotoGP 2017. Pencapaian terbaiknya adalah finis ke-14 pada balapan MotoGP Prancis.

Sam Lowes resmi bergabung dengan Aprilia pada awal tahun ini. Pada musim 2016, pebalap asal Inggris tersebut tampil di ajang Moto2 bersama Federal Oil Gresini Moto2.