Michael van der Mark Gantikan Rossi pada MotoGP Aragon

Oleh Yus Mei Sawitri pada 11 Sep 2017, 18:08 WIB
Michael van der Mark

Bola.com, Misano - Tim Movistar Yamaha resmi menunjuk Michael van der Mark sebagai pengganti Valentino Rossi pada balapan MotoGP Aragon, Spanyol, Minggu (24/9/2017).

 

Yamaha harus menunjuk pebalap pengganti karena The Doctor belum pulih dari cedera patah kaki. Rossi diperkirakan perlu menepi selama 30-40 hari setelah menjalani operasi. Padahal balapan MotoGP Aragon digelar 22 hari setelah operasi pebalap Italia tersebut berjalan sukses.  

Van der Mark tercatat pebalap Yamaha yang menjadi rekan setim Alex Lowes pada ajang World Superbike (WSBK) 2017. 

"Menyusul insiden yang menimpa Rossi pada 31 Agustus, Yamaha memutuskan tak menunjuk penggantinya di MotoGP San Marino, tapi untuk balapan selanjutnya di Aragon tim wajib menurunkan dua pebalap," kata Yamaha Racing managing director, Lin Jarvis, seperti dilansir Crash, Senin (11/9/2017). 

"Mustahil Valentino bisa fit untuk balapan di Aragon, jadi Yamaha memutuskan mencari pengganti dari pebalap-pebalap yang sudah kami kontrak," sambung Jarvis. 

Bos Yamaha tersebut juga menjelaskan alasan memilih Van der Mark. Ini bakal menjadi balapan debut pebalap Belanda tersebut pada ajang MotoGP. 

"Sebelumnya kami pernah memakai jasa Katsuyuki Nagasuka untuk menggantikan Jorge Lorenzo pada 2011 dan Alex Lowes menggantikan Bradley Smith pada 2016. Kami memutuskan kali ini memberikan kesempatan kepada Michael van der Mark," urai Jarvis. 

"Tak pernah mudah menggantikan orang lain dan lebih sulit lagi menggantikan Valentino Rossi. Tapi kami yakin Michael punya pengalaman untuk tampil bagus," sambung Jarvis. 

Jarvis menjamin Yamaha bakal memberikan dukungan terbaik untuk Van der Mark, sehingga sukses memaksimalkan kesempatan emas tersebut. 

"Kami juga berharap Valentino Rossi bisa pulih cepat dan kami akan melihatnya kembali, balik ke YZR-M1 miliknya, sesegera mungkin," tegas Jarvis.