Sukses


MotoGP Aragon: Dominasi Honda dan Anti Valentino Rossi

Bola.com, Aragon - Kalender MotoGP 2017 akhirnya sampai pada seri ke-14 yang bakal digelar di Sirkuit Aragon. Sirkuit yang memiliki panjang lintasan 5,3 km dan masuk dalam daerah teritori Spanyol itu punya trek rekor bagus untuk Repsol Honda dan jadi momok untuk pebalap berpaspor Italia seperti Valentino Rossi.

Sirkuit Aragon pertama kali menggelar balapan MotoGP pada tahun 2010. Ketika itu, Aragon terpilih untuk menggantikan peran Sirkuit Balatonring yang sebelumnya menggelar MotoGP Hongaria.

Sampai saat ini tercatat sudah tujuh pebalap berhasil menjadi juara di MotoGP Aragon. Adalah Casey Stoner yang ketika itu mengendarai motor Ducati menasbihkan diri sebagai pebalap pertama yang menaklukkan Sirkuit Aragon pada 2010.

Semusim setelahnya, Stoner kembali menjadi juara. Namun, pebalap asal Australia itu tak lagi menggunakan motor Ducati, melainkan bersama Honda.

Setelah Stoner, giliran Dani Pedrosa dan Marc Marquez yang melanjutkan dominasi Honda di Sirkuit Aragon setelah menjadi juara pada edisi 2012 dan 2013.

Dominasi Honda sempat terhenti pada edisi MotoGP Aragon 2014. Ketika itu, Jorge Lorenzo bersama tim Yamaha berhasil menjadi juara. Tak hanya sekali, Lorenzo kembali menaklukkan Aragon pada 2015. Musim lalu, giliran Marquez kembali mengembalikan dominasi Honda di Sirkuit Aragon.

Uniknya, belum ada pebalap asal Italia yang mampu menjadi juara di Sirkuit Aragon. Sebut saja Valentino Rossi yang prestasinya mandek di urutan ketiga yakni pada MotoGP Aragon 2013, 2015, dan 2016. Adapun pebalap Italia lainnya seperti Andrea Dovizioso juga hanya meraih podium ketiga pada 2012.

Namun, Andrea Dovizioso berpeluang menjadi pebalap Italia pertama yang menjadi juara di MotoGP Aragon musim ini. Sebab, penampilan pebalap berjuluk The Maniac Joe itu sedang bagus setelah meraih empat kali juara musim ini.

Selain itu, Valentino Rossi juga berpeluang mengakhiri rasa penasarannya untuk juara di MotoGP Aragon. Pebalap berjuluk The Doctor itu dipastikan bakal kembali ke lintasan, setelah menepi selama 21 hari karena patah tulang setelah mengalami kecelakaan dalam latihan.

Bisakah Honda melanjutkan dominasi di MotoGP Aragon atau pebalap asal Italia seperti Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi yang bakal mencetak sejarah? Menarik untuk disaksikan pada balapan yang digelar, Minggu (24/9/2017) mulai pukul 19:00 WIB.

Video Populer

Foto Populer