Wajib Airbag di MotoGP, Ini Komentar Rossi

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 12 Jan 2018, 22:15 WIB
Valentino Rossi, MotoGP

Jakarta Mulai musim 2018, semua pembalap MotoGP, Moto2, dan Moto3 wajib menggunakan airbag (kantung udara). Para pembalap mendukung regulasi baru tersebut, termasuk Valentino Rossi.

Beberapa regulasi baru memang sudah ditentukan untuk MotoGP 2018. Pertama, semua tim tak akan lagi mendapatkan keleluasaan untuk menggelar pengujian motor. Semuanya nanti akan diatur Komisi GP bentukan Dorna.

Lalu, setiap tim yang ingin menggunakan jatah wild card hanya dibatasi dengan jumlah tiga motor. Spesifikasi teknis mesin, ECU, serta elektronik lainnya harus sama seperti produsen motor.

Tak kalah penting, untuk MotoGP 2018, semua wearpack pembalap mharus dilengkapi dengan sistem airbag yang memiliki tujuan utama meminimalisir adanya cedera ketika terjadi kecelakaan. Rossi, pembalap Movistar Yamaha, ikut memberikan dukungan. Tapi ia juga memiliki pengalaman buruk dengan kantung udara.

"Bagi saya itu adalah langkah besar untuk keamanan, terutama untuk bahu dan tulang selangka. Sekitar tahun 2009, Dainese mulai memperkenalkan kantung udara, tapi saya merasa tidak nyaman pada awalnya karena saya kehilangan beberapa gerakan dan soal berat badan. Itu terlalu besar," kata Rossi, dilansir Crash.

 

1 of 3

Dukungan Lorenzo

Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo saat gagal mencapai garis finis pada MotoGP Valencia 2017. (JOSE JORDAN / AFP)

Namun, Rossi yang mengoleksi tujuh gelar juara dunia MotoGP itu kini berubah pikiran. "Tapi sejak saat itu mereka mampu memperbaiki banyak hal dan sekarang jujur saya tak akan pergi ke lintasan tanpa airbag. Ada beberapa jenis kecelakaan di mana airbag bisa sangat membantu," jelasnya.

Tak hanya Rossi, pembalap Ducati, Jorge Lorenzo juga memberikan dukungan soal kewajiban menggunakan kantung udara. Sebelumnya, ia menjadi salah satu pembalap yang enggan memakai kantung udara. Tapi, ia mulai membiasakan diri sepanjang musim 2017.

"Kita harus meningkatkan kenyamanan lebih jauh lagi. Karena segala sesuatu terasa lebih kaku di pundak. Tapi itu teknik yang menarik dan penting untuk keamanan. Karena itulah, saya mulai mendukung kantong udara," tegas Lorenzo.

 

2 of 3

Daftar Pembalap MotoGP 2018

Aprilia: Aleix Espargaro, Scott Redding

Ducati: Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo

Pramac Racing: Danilo Petrucci, Jack Miller

Avintia: Xavier Simeon, Esteve Rabat

Aspar: Karel Abraham, Alvaro Bautista

Marc VDS: Thomas Luthi, Franco Morbidelli

Repsol Honda: Dani Pedrosa, Marc Marquez

LCR Honda: Takaaki Nakagami, Cal Crutchlow

KTM: Bradley Smith, Pol Espargaro

Suzuki: Andrea Iannone, Alex Rins

Yamaha Tech 3: Johann Zarco, Jonas Folger

Movistar Yamaha: Maverick Vinales, Valentino Rossi

Lanjutkan Membaca ↓