Sukses


MotoGP: Hafizh Syahrin Jadi Solusi Terbaik Tech 3

Bola.com, Sepang - Keputusan Yamaha Tech 3 menunjuk Hafizh Syahrin sebagai pengganti Jonas Folger pada tes pramusim MotoGP 2018 di Thailand sempat menimbulkan pro dan kontra. Tapi, Tech 3 meyakini bahwa itu adalah solusi tepat.

Bagi sebagian pihak, penunjukkan Syahrin sebagai pembalap Tech 3 untuk tes pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Buriram, Thailand, 16-18 Februari, bak petir di siang bolong. Namun, bagi Tech 3 hal itu justru menjadi angin segar.

Seperti diketahui, Folger dipastikan absen di musim depan karena mengidap Epstein-Barr Virus (EBV). Virus itu pula yang membuatnya absen pada balapan MotoGP Jepang, Australia, Malaysia, dan Valencia tahun lalu. Sempat muncul beberapa nama, pada akhirnya Tech 3 memilih Syahrin untuk pergi ke Thailand.

Bagi Tech 3, penunjukkan pembalap asal Malaysia itu mungkin saja menjadi sebuah blunder jelang bergulirnya MotoGP 2018. Maklum, Syahrin belum memiliki pengalaman untuk berkompetisi di kelas MotoGP. Tapi, bos Tech 3, Herve Poncharal tetap percaya dengan potensi pembalap berusia 23 tahun itu.

"Syahrin adalah solusi terbaik yang bisa kami pikirkan. Tapi tentu saja beberapa sponsor dan mitra kami belum pernah mendengar tentang orang itu. Karenanya, kami memutuskan untuk sementara mengizinkannya membalap untuk tes ini terlebih dahulu," kata Poncharal, dilansir Speedweek.

 

2 dari 3 halaman

Bukan Nama Besar

Saat masih di kelas Moto2, Syahrin juga bukan pembalap yang menonjol. Ia sama sekali belum pernah meraih podium juara di kelas tersebut. Namun, di paruh kedua musim 2017, ia meraih hasil yang cukup bagus.

Mantan pembalap FTR Moto itu sempat menjadi runner-up di San Marino dan urutan ketiga di Jepang. Di Malaysia dan Valencia, ia konsisten menempati posisi keenam. Uniknya, ia lebih dulu mengikat kontrak dengan SIC Racing Team untuk musim 2018. Namun, secara tiba-tiba tim tersebut mengumumkan kehadiran Zulfahmi Khairuddin untuk menjadi pembalap utama mereka di musim ini.

"Saya percaya Hafizh untuk mencapai hasil yang masuk akal di Thailand. Bahkan jika harus finis terakhir, ia tidak kalah lebih dari 2,5 atau 3 detik di Buriram, itu baik-baik saja bagi saya," tegas Poncharal.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pembalap MotoGP 2018

Aprilia: Aleix Espargaro, Scott Redding

Ducati: Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo

Pramac Racing: Danilo Petrucci, Jack Miller

Avintia: Xavier Simeon, Esteve Rabat

Aspar: Karel Abraham, Alvaro Bautista

Marc VDS: Thomas Luthi, Franco Morbidelli

Repsol Honda: Dani Pedrosa, Marc Marquez

LCR Honda: Takaaki Nakagami, Cal Crutchlow

KTM: Bradley Smith, Pol Espargaro

Suzuki: Andrea Iannone, Alex Rins

Yamaha Tech 3: Johann Zarco,

Movistar Yamaha: Maverick Vinales, Valentino Rossi

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer