Sukses


MotoGP: Pembalap KTM Pelajari Gaya Balap Marquez

Jakarta Pembalap MotoGP tim KTM, Mika Kallio, punya kesan yang tak terlupakan saat menjalani tes pramusim di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia. Ia mengaku dapat masukan dari Marc Marquez.

Peristiwa itu terjadi pada sesi pengujian MotoGP pertama tahun ini. Pembalap asal Finlandia itu sengaja mengekor kecepatan Marc Marquez selama tes pramusim berlangsung tiga hari di Malaysia.

"Cukup jelas, tapi saya tidak akan mengatakannya. Terkadang bagus bisa membuntuti seseorang," jelas Kallio seperti dikutip dari Crash, Minggu (11/2/2018).

"Kami tidak terlalu mengandalkan cara itu, tapi terkadang saat berada di trek Anda akan menemukan pembalap lain dan saya menemukan Marc Marquez," tuturnya.

Kallio, yang pernah menerima penghargaan sebagai pembalap muda terbaik pada 2002 itu berharap hasil positif dari tindakannya. Skenario itu dilakukannya untuk mengadopsi gaya balap juara dunia MotoGP musim lalu tersebut.

2 dari 3 halaman

Perbandingan

Hal ini juga dilakukan hanya untuk membandingkan kelebihan dan kelemahan motor KTM dengan Honda. Namun, Kallio tidak ingin membeberkan tentang perbandingan tersebut.

"Tentu saja saya menggunakan kesempatan itu untuk melihat bagaimana Marc balapan, bagaimana kerja motornya, bagian mana kelemahan kami, dan di mana kami bisa mendapatkan keuntungan," papar Kallio.

"Itu yang bisa saya katakan, benar-benar lap yang penting bagi saya untuk lebih mengerti 'inilah titik lemah dari motor kami' Itu benar-benar memberi saya gambaran, tapi saya tidak akan mengatakan apa kekurangannya," tambahnya.

Pembalap MotoGP lainnya kembali menjajal motor tunggangannya di Sirkuit Chang International, Thailand pada 16-18 Februari 2018. Tapi Kallio kemungkinan tidak akan mengambil bagian pada pengujian kedua tersebut.

3 dari 3 halaman

Tes Berikutnya

Kallio mengaku akan berada di sana sebagai pembalap cadangan. Sebab, Pol Espargaro akan ambil bagian pada tes pramusim di Thailand bersama KTM.

"Saya akan pergi, tapi untuk saat ini rencananya adalah saya tidak membuat lap. Saya akan seperti 'pembalap cadangan' dan juga saya ingin mengikuti perlombaan balap," ungkapnya.

Penting bagi saya untuk melihat bagaimana pembalap lain mengendarai dan bagaimana motor yang berbeda berperilaku di sekitar lintasan," jelas Kallio. (David Permana)

Video Populer

Foto Populer