Gaji Lorenzo di Ducati Bakal Diturunkan, Dovizioso Justru Dinaikkan

Oleh Yus Mei Sawitri pada 14 Feb 2018, 18:35 WIB
Ducati

Bola.com, Jakarta - Ducati berencana memperbarui kontrak Jorge Lorenzo yang akan kedaluwarsa pada akhir MotoGP 2018. Namun, bos Ducati menyatakan kemungkinan bakal menurunkan gaji Lorenzo jika sepakat meneken kontrak baru. 

"Kami butuh usaha besar untuk memboyong Lorenzo, tapi itu aksi pada waktu tertentu. Budget untuk dua pebalap (Lorenzo dan Andrea Dovizioso) cukup menarik. Namun, saya tak berpikir kami bisa memberikan tawaran uang yang sama seperti ketika dia datang (dari Yamaha)," kata Direktur Ducati, Paolo Ciabatti, seperti dilansir AS, Rabu (14/2/2018). 

Jorge Lorenzo meneken kontrak berdurasi dua tahun dengan Ducati setelah pindah dari Yamaha. Pebalap asal Spanyol itu akan mendapat bayaran sebesar 7 juta dolar AS atau sekitar 93 miliar rupiah per tahun.

Namun, berapa gaji Lorenzo yang sebenarnya masih menjadi perdebatan. Beberapa sumber lain menyebut Lorenzo menerima gaji fantastis dari Ducati, yaitu 12,5 juta euro per tahun (Rp 176 miliar). 

Rencana menurunkan gaji Lorenzo kemungkinan berhubungan dengan Andrea Dovizioso. Pada MotoGP 2017, gaji Dovizioso disebut-sebut jauh di bawah Lorenzo. 

Namun, dengan gaji yang lebih kecil Dovizioso justru menunjukkan performa gemilang. Dia mampu bersaing dalam pacuan juara dunia MotoGP hingga seri terakhir. Ducati mengisyaratkan akan menaikkan gaji Dovizioso. 

"Itu gaji yang sangat tinggi dan kontrak Andrea menarik, tapi levelnya tidak sama. Anda akan dihargai untuk Anda yang dapat pada 2017. Dengan kontrak yang habis pada akhir tahun ini, Anda punya posisi untuk bernegosiasi yang lebih baik daripada sebelumnya," kata Ciabatti. 

Ciabatti mengatakan situasi yang dihadapi Lorenzo berbeda dibanding pada akhir 2016. Begitu juga situasi yang melingkupi Dovizioso. Seperti Lorenzo, kontrak Dovizioso di Ducati juga bakal berakhir pada akhir 2018. 

"Ketika kami merekrut Jorge Lorenzo, dia mendapat tawaran sangat penting dari Yamaha untuk memperbarui kontrak dan dia juara dunia. Sedangkan kami perbarui kontrak Andrea, saat dia tak memenangi balapan bersama Ducati. Hal-hal seperti ini," kata Ciabatti.