Sukses


MotoGP: Ini 3 Fakta Menarik Hafizh Syahrin

Bola.com, Kuala Lumpur - Yamaha Tech 3 telah menunjuk pembalap yang akan memperkuat mereka di MotoGP 2018. Adalah Hafizh Syahrin yang telah resmi ditunjuk sebagai pengganti Jonas Folger di musim ini.

Awalnya, Tech 3 hanya meminta Hafizh Syahrin untuk menjadi pembalap mereka dalam tes pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Buriram, Thailand, 16-18 Februari. Dalam tes tersebut, Syahrin menunjukkan progres luar biasa.

Pada hari pertama tes pramusim MotoGP di Buriram, pembalap asal Malaysia itu menempati urutan terbawah (ke-24) setelah mencatat waktu 1 menit 33,165 detik. Pada hari kedua, catatan waktunya bertambah bagus menjadi 1 menit 31,998 detik. Pada hari ketiga, waktunya juga lebih baik, yakni 1 menit 31,537 detik.

Dalam rekapitulasi hasil tes di sana, ia duduk di urutan ke-22 dengan catatan waktu terbaik pada hari ketiga. Ia terpaut 1,756 detik dari pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa yang menempati posisi teratas.

Usai tes tersebut, bos Tech 3, Herve Poncharal mengindikasikan pembalap asal Malaysia akan menjadi rider mereka di musim 2018. Pengumuman resmi akhirnya dilakukan Tech 3 pada Rabu (21/2/2018). Sebelum melihat aksi Syahrin selanjutnya, ada baiknya untuk mengetahui tiga fakta mengenai sosok berusia 23 tahun tersebut.

 

2 dari 4 halaman

1. Pembalap Pertama Malaysia di MotoGP

Ya, Syahrin akan menjadi pembalap asal Malaysia pertama yang tampil dalam semusim penuh di MotoGP. Tak heran jika publik Negeri Jiran tersebut begitu bangga. Setelah 26 tahun menjadi tuan rumah MotoGP, akhirnya ada pembalap mereka yang bersaing di kelas utama.

"Selamat, Hafizh Syahrin, pembalap pertama Malaysia yang bersaing di MotoGP selama satu musim penuh," kicau Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak lewat akun Twitter-nya.

Selama ini, pembalap Malaysia hanya berkesempatan bersaing di kelas yang lebih rendah. Selain Syahrin, ada enam pembalap asal Malaysia yang berkompetisi di Grand Prix.

Mereka adalah Khairul Idham Pawi yang melakoni debut di Moto3 2015, Adam Norrodin (Moto3 2016), Hafiz Azmi (Moto3 2013), Azlan Shah (Moto2 2013), Zulfami Khairuddin (Moto3 2009), dan Syahrol Yuzy (250cc 1996). Kini, Syahrin yang sukses memecahkan kebuntuan itu.

3 dari 4 halaman

2. Memiliki Istri Cantik

Beberapa bulan belakangan ini memang menjadi momen membahagiakan bagi Syahrin. Sebelum diresmikan menjadi pembalap MotoGP, ia lebih dulu mendapat kebahagiaan lewat pernikhannya dengan wanita bernama Suzana Manaf.

Keduanya memutuskan untuk naik pelaminan pada 14 Desember 2017. Kala itu, pernikahannya bernuansa tradisional, tapi tetap cukup megah. Manaf sendiri adalah seorang model hijab berusia 23 tahun. Meski berhijab, kecantikan yang terpancar dari wajahnya benar-benar terlihat.

Saking cantiknya, Manaf masuk dalam deretan WAGs paling mempesona se-Asia versi Fox Sports pada awal Januari 2018. Ia bersaing dengan Jennifer Bachdim, Jenna Vivian, Mags Hall, dan Nurul Suhaila Mohamed Saiful.

Kabarnya, Manaf dan Hafizh Syahrin bertemu lewat Instagram pada 2015. Keduanya kemudian memutuskan untuk melanjutkan hubungan dengan naik pelaminan. Dan Manaf pun dianggap sebagai pelengkap hidup Syahrin.

4 dari 4 halaman

3. Raja Mini Bike

Passion Syahrin terhadap dunia otomotif sudah terlihat sejak masih kecil. Ia sudah memainkan pocket bike atau mini bike (motor kecil) sejak berusia 9 tahun.

Bahkan, ia mendapat julukan King of Pocket Bikes saat bakatnya ditemukan Barry Leong yang menjadi tim manajernya. Setahun kemudian, ia memulai debutnya di kompetisi resmi motor kecil dan langsung mendominasinya.

Ketika berusia 13 tahun pada 2007, Syahrin pun memulai debutnya di kejuaraan Cub Prix. Ia langsung tampil dominan pada tahun pertamanya dalam kejuaraan Yamaha LC135 Cup. Saat ia memperkuat tim Petronas Sprinta Raceline, ia menjadi pembalap termuda di podium pada YAMAHA GIVI Cup 2008.

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer