Sukses


Akui Konsumsi Doping, Joakim Noah Minta Maaf

Bola.com, New York - Center New York Knicks, Joakim Noah, meminta maaf kepada fans setelah terkena suspensi 20 laga karena melanggar peraturan NBA terkait penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

"Saya telah membuat kesalahan dan mengecewakan banyak orang. Kesalahan ini jadi pelajaran buat saya," kata Noah seperti dikutip dari situs resmi NBA, Rabu (29/3/2017).

Berdasarkan hasil tes yang dilakukan NBA, dalam tubuh Noah positif terdapat kandungan zat terlarang bernama Selective Androgen Receptor Modulator LGD-4033. NBA telah memasukkan substansi tersebut dalam daftar zat terlarang karena bisa meningkatkan performa atlet.

Noah mengatakan zat tersebut berasal dari suplemen yang dia konsumsi selama masa rehabilitasi cedera hamstring pada awal Februari 2017. Namun, pemain berusia 32 tahun itu menegaskan suplemen tersebut tak disediakan oleh Knicks, tapi dikonsumsi atas inisiatif sendiri.

"Saya meminum suplemen itu untuk membantu melewati momen sulit selama masa pemulihan cedera. Dalam beberapa tahun terakhir, saya sering mengalami cedera dan saya mencoba mengonsumsi sesuatu untuk membantu meringankan beban saya. Keputusan itu kini jadi bumerang," ujar Noah.

Joakim Noah tak melakukan banding dan menerima hukuman dari NBA. "Menurut saya sanksi 20 gim itu sangat berat, tapi inilah konsekuensi yang harus saya terima," tuturnya.

Hukuman Noah akan dimulai saat dia memenuhi syarat dan sehat secara fisik untuk bermain pada gim reguler atau playoff.

Noah belum pernah bermain lagi untuk Knicks sejak 4 Februari karena cedera lutut. Dia menjalani operasi pada 27 Februari.

Tim dokter Knicks sudah memberi lampu hijau kepada Noah untuk tampil pada laga kontra Miami Heat, Rabu (29/3/2017) atau Kamis (30/3/2017). Namun, dia harus diperiksa lagi oleh tim dokter independen NBA.

Apabila tim dokter independen NBA juga mengizinkan Noah tampil pada laga kontra Heat, maka pada gim itu pula dia akan mulai menjalani hukuman. Artinya, dia akan absen pada delapan laga sisa Knicks musim ini plus 12 laga awal musim 2017/2018.

Joakim Noah bergabung dengan New York Knicks pada awal musim NBA 2016/2017 sebagai free agent setelah kontraknya bersama Chicago Bulls habis. Dia meneken kontrak berdurasi empat tahun senilai 72 juta dolar AS atau sekitar 958 miliar rupiah. Dari 46 pertandingan pada musim debut bersama Knicks, Noah mencatat rata-rata 5 poin, 8,7 rebound, dan 2,2 assist per gim.

Video Populer

Foto Populer