Sukses


6 Evaluasi Warriors dan Cavaliers pada Gim 1 Final NBA 2017

Bola.com, Oakland - Hingga Kamis (1/6/2017) sore jelang laga Gim 1 Final NBA 2017, Cleveland Cavaliers tak melaporkan adanya kasus keracunan makanan atau bus mereka tersesat saat menuju hotel atau hanya air dingin yang keluar dari pancuran ruang ganti tim tamu di Oracle Arena. Namun, hanya itulah berita baik untuk Cavaliers.

Pada Gim 1 Final NBA 2017 atau Gim 14 dari trilogi Warriors-Cavaliers di Final NBA, segalanya berubah menjadi kabar buruk untuk Cleveland atau bahkan bisa lebih parah lagi. Dibilang bisa lebih parah karena Warriors sebenarnya berpeluang menang dengan selisih lebih besar daripada 113-91 jika tak banyak membuang peluang mencetak angka dari jarak dekat.

Kabar baiknya bagi Cavaliers adalah tahun lalu mereka juga kalah pada Gim 1 di Oakland, kesulitan mencetak angka, dan tumbang empat kali dari tiga Gim awal tapi tetap mampu bangkit. Kabar buruknya adalah Cavaliers kalah saat Klay Thompson hanya memasukkan tiga dari 16 usaha tembakan.

Berikut ini adalah apa saja hal yang benar dan salah dari Golden State Warriors dan Cleveland Cavaliers pada Gim 1 Final NBA 2017:

2 dari 3 halaman

BENAR

1. Ball Handling Warriors

31 assist berbanding dengan empat turnover yang dicatat Warriors merupakan salah satu efisiensi passing terbaik sepanjang sejarah Final NBA. Itulah alasan mengapa Warriors tetap bisa mencetak 113 poin meski persentase tembakan masuk mereka cuma 42,5 persen.

2. Istirahat

Adrenalin pada awal Gim 1 sangat tak biasa untuk laga Final NBA. Kedua tim langsung menampilkan duel intensitas tinggi. Mereka bermain dengan energi besar dan penuh presisi, terutama Warriors yang mencatat persentase tembakan masuk 50 persen dan hanya membuat satu turnover pada kuarter pembuka pada laga pertama mereka sejak 22 Mei. Ini menjadi laga paling seimbang sepanjang playoff 2017. Cavaliers hanya tak beruntung berada di pihak yang kalah.

3. Sikap Kevin Durant

38 poin (14-26), delapan rebound, delapan assist, nol turnover. Itulah catatan statistik yang memperlihatkan ketajaman Kevin Durant pada Gim 1.

3 dari 3 halaman

SALAH

1. Defense Cavaliers

Cavaliers beruntung Warriors hanya mencetak 113 poin. Cavs terhindar dari kekalahan memalukan karena Warriors terlalu banyak membuang peluang mencetak poin dari paint. Offense Cavaliers juga tak membantu karena membuat 20 turnover dan persentase tembakan masuk mereka hanya 34,9 persen.

2. Klay Thompson

Klay Thompson hanya memasukkan tiga dari 16 tembakan selama 36 menit di lapangan (0-5 dari luar garis perimeter). Beruntung bagi Warriors, defense Thompson sangat solid. Tanpa kontribusi offense Thompson, Warriors masih bisa menang. Namun, akan lebih mudah bagi Warriors jika Thompson juga produktif.

3. Bench Cavaliers

Bukan hanya satu pemain, tapi seluruh unit kedua Cavaliers tampil buruk. Tujuh pemain cadangan Cleveland total hanya memasukkan enam dari 24 tembakan (25 persen) dengan menyumbang 21 poin dan 16 rebound. Durant dan Curry masing-masing mencetak lebih banyak poin daripada gabungan bench Cavaliers. Kedalaman roster Cavaliers kembali jadi sorotan.

Video Populer

Foto Populer