Legenda Lakers Bicara soal LeBron James dan Kobe Bryant

Oleh Andhika Putra pada 09 Sep 2017, 13:50 WIB
LeBron James

Bola.com, Jakarta - Legenda Los Angeles Lakers, Sam Perkins, menyebut pemain Cleveland Cavaliers, LeBron James, memiliki kemampuan yang jauh lebih hebat ketimbang Kobe Bryant jika dilihat dari beberapa aspek. Kedua pebasket tersebut selalu jadi bahan perbandingan mengingat James dan Kobe selalu disebut sebagai raja NBA setelah era Michael Jordan.

Kobe terkenal sebagai pemain dengan loyalitas tinggi untuk Los Angeles Lakers. Sejak pertama kali di draft pada 1996, tak sekalipun pemain yang memiliki julukan Black Mamba tersebut hengkang dari Staples Center.

Selain memiliki karisma yang mampu menarik perhatian penggemar, Kobe juga berhasil mempersembahkan lima gelar juara NBA untuk Lakers. Pebasket yang memutuskan pensiun dari NBA pada 2016 tersebut bahkan tercatat pernah dua kali menjadi Most Valuable Player (MVP) final NBA pada 2009 dan 2010.

Adapun prestasi yang ditorehkan LeBron James tak kalah mentereng jika dibandingkan dengan Kobe Bryant. Forward berusia 32 tahun telah berhasil meraih tiga gelar juara NBA bersama Miami Heat dan Cleveland Cavaliers.

Mantan pemain Los Angeles Lakers, Sam Perkins saat Coaching Clinic Basket kepada anak-anak marjinal dan anak jalanan di Jakarta di Lapangan Basket, US Embassy, Annex, Jakarta, Kamis (7/9). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Meski gelar juara yang berhasil dipersembahkan James tak sebanyak Kobe, pemegang tiga kali MVP final NBA tersebut memiliki catatan rekor yang jauh lebih baik. Menurut Perkins, James jauh lebih baik karena menjadi satu-satunya pemain dalam sejarah NBA yang berhasil mecetak 28.000 poin, 7.000 rebound, dan 7.000 assist.

"Saya seorang penggemar Kobe, tapi harus diakui LeBron memang memiliki kemampuan yang luar biasa. Tak ada pemain yang memiliki fisik sebaik dia dan berhasil menorehkan begitu banyak rekor," ujar Sam dalam perbincangan dengan Bola.com di Jakarta, Rabu (6/9/2017). 

"Kobe seorang pemain yang memiliki kharisma yang luar biasa. Itu yang membuat saya dan penggemar Lakers selalu tak bisa melupakan sosok Kobe," tutur Sam.

Meski James memiliki pencapaian rekor yang lebih baik, Sam menyebut mantan pemain Miami Heat masih belum bisa menyaingi Kobe dalam satu hal. Menurut Sam, James harus bisa mencetak 81 poin dalam satu pertandingan seperti yang pernah dilakukan Kobe ketika membawa Lakers menang atas Toronto Raptors pada 22 Januari 2006.

"Saya belum pernah melihat LeBron James mencetak 81 poin dalam satu pertandingan. Jadi saya rasa kedua pemain tersebut memang memiliki kelebihan masing-masing dan jika LeBron belum bisa melakukan itu, tak ada yang lebih baik di antara keduanya," ujar Sam.