Sukses


Pertahankan Emas, Angga Bawa Ricky Naik Kelas di SEA Games 2015

Bola.com, Singapura - Pemain bulu tangkis spesialis ganda putra, Angga Pratama, berhasil memertahankan medali emas di SEA Games 2015. Dengan pencapaian itu, Angga membawa partner barunya, Ricky Karanda Suwardi, "naik kelas".

Dua tahun lalu, saat SEA Games 2013 digelar di Myanmar, Angga dan Ricky harus saling berjibaku di final nomor perorangan ganda putra. Kala itu, Angga, yang berpasangan dengan Rian Agung Saputro, keluar sebagai juara. Sementara Ricky, yang bertandem dengan Berry Angriawan, harus puas mendapat medali perak.

Namun, tahun ini, ceritanya lain. Angga dan Ricky kini berada dalam sisi lapangan sama. Bermain bareng, Angga/Ricky mencatat prestasi maksimal di SEA Games 2015.

Pada nomor beregu putra, Angga/Ricky selalu menyumbang angka kemenangan tim sampai akhirnya skuat Indonesia meraih medali emas. Mengalahkan Thailand dengan skor 3-2 di final.

Tren positif Angga/Ricky di Singapore Indoor Stadium lantas berlanjut di nomor perorangan. Diplot sebagai unggulan pertama, Angga/Ricky menuntaskan target yang dibebankan Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dengan sempurna.

Bertanding empat kali, ganda putra peringkat 14 dunia itu tercatat selalu menang dua gim langsung alias tidak pernah kehilangan satu gim pun. Terakhir, di laga bertajuk All Indonesian Final kontra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Selasa (16/6/2015), Angga/Ricky menang straight game, 21-12, 24-22.

“Alhamdulillah saya senang bisa menyumbangkan medali emas lagi untuk Indonesia. Mudah-mudahan prestasi kami lebih baik lagi ke depannya. Di gim kedua, sebenarnya kami agak goyang saat ketinggalan 2-11. Namun kami coba fokus dan konsentrasi, akhirnya bisa menang juga,” ungkap Angga, dilansir BadmintonIndonesia.org.

“Dua tahun lalu saya meraih medali perak, sekarang bisa dapat emas. Tentunya senang bisa meraih prestasi yang lebih baik. Soal lawan, rasanya sama saja seperti latihan, sudah sama-sama tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing,” timpal Ricky.

Indonesia begitu menguasai sektor ganda putra di ajang SEA Games. Dalam 10 tahun terakhir, medali emas ganda putra tak pernah lepas dari genggaman Indonesia.

Bahkan, sejak SEA Games 2011 di Jakarta, penggawa ganda putra selalu menciptakan All Indonesian Final. Pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan menjadi juara di tiga SEA Games berturut-turut (2005, 2007 dan 2009).

Sedangkan di 2011, medali emas diraih Mohammad Ahsan/Bona Septano yang mengalahkan Kido/Hendra di final. Pada 2013, Angga Pratama/Rian Agung Saputro menyabet medali emas setelah memenangi ‘perang saudara’ kontra Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan.

Kini, giliran Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi yang mencatatkan nama sebagai kampiun SEA Games 2015.

Baca juga:

Juara Umum, Bulu Tangkis Indonesia Lewati Target SEA Games 2015

Jordan / Debby Menang, Bulu Tangkis Dulang 3 Emas SEA Games 2015

Raih Perak, Hanna Ramadini Lampaui Target di SEA Games 2015

Video Populer

Foto Populer