Sukses


Susi Pudjiastuti, Sosok Kartini Modern Versi Maria Londa

Bola.com, Jakarta - Peringatan Hari Kartini yang jatuh pada Kamis (21/4/2016) juga dimaknai sebagai momen istimewa oleh atlet lompat jauh Indonesia, Maria Londa. Menurut Maria, kiprah R.A. Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita sangat terasa manfaatnya hingga saat ini.

Salah satu bukti nyata hasil perjuangan pahlawan asal Jepara, Jawa Tengah itu, adalah bermunculannya perempuan-perempuan tangguh di berbagai bidang. Mereka pun layak dijuluki sebagai Kartini-Kartino modern yang kiprahnya tak dapat dipandang sebelah mata.

Satu di antara perempuan Indonesia yang sangat dikagumi oleh Maria Londa adalah Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Susi adalah salah satu menteri perempuan di Kabinet Kerja yang kinerjanya banyak diapresiasi oleh publik. Dia dikenal karena gebrakan-gebrakan yang berani, seperti menenggelamkan kapal-kapal pencuri ikan di Indonesia maupun aturan-aturan tentang pelestarian biota laut.

 “Ibu Menteri Susi Pudjiastuti banyak membuat perubahan terhadap sistem perikanan dan kelautan kita. Beliau membuat laut dan makhluk hidup di dalamnya tidak dieksplore dengan bebas, sehingga generasi berikutnya masih bisa merasakan dan mengetahui manfaat laut Indonesia,” kata Maria, saat dihubungi bola.com, Kamis. 

Ini adalah emas kedua Maria Natalia Londa di SEA Games 2015. Dua hari lalu dia meraih emas lompat jauh putri. (Bola.com/Arief Bagus)

Bukan hanya mengagumi semangat dan perjuangan Kartini dan ketangguhan Menteri Susi, Maria juga ingin menjadi perempuan seperti yang dicita-citakan Kartini. Oleh karena itu, dia selalu berusaha memberikan yang terbaik, termasuk saat berkiprah di dunia atletik yang ditekuninya sejak kecil.

Prestasi Maria pun tidak main-main. Dia telah berhasil mempersembahkan berbagai gelar untuk Indonesia, mulai dari level SEA Games hingga Asian Games. Perempuan yang berdomisili di Bali itu pun telah mengamankan satu tiket untuk tampil di Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Maria berharap apa yang dilakukannya selama ini bisa bermanfaat untuk keluarga maupun bangsa Indonesia.

Maria Londa saat berlatih di Pantai Legian, Bali, 28 Januari 2016. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

“Dalam setiap langkah saya berlatih dan berjuang, saya selalu berharap semuanya bisa berarti untuk kemajuan dan kebanggaan Indonesia,” kata Maria.

“Selamat Hari Kartini seluruh wanita Indonesia,” imbuh Maria Londa.

Video Populer

Foto Populer