Sukses


Muhammad Ali Merancang Upacara Pemakamannya Sendiri

Bola.com, Louisville - Rangkaian upacara pemakaman petinju legendaris Muhammad Ali yang meninggal pekan lalu akan dimulai Rabu (8/6/2016) waktu AS. Ali yang meninggal karena sakit pada usia 74 tahun itu akan dimakamkan di Cave Hill, Louisville, Kentucky, AS, Jumat (10/6/2016). 

Menurut juru bicara keluarga Ali, rangkaian upacara pemakaman tersebut dirancang oleh Ali sendiri. Pada salah satu sesi, masyarakat umum mendapat kesempatan untuk memberikan penghormatan pada Ali.

"Perencanaan dari pemakaman ini sudah dimulai sejak 10 tahun yang lalu. Ali sendiri yang merancangnya," kata juru bicara keluarga Ali, Bob Gunnel, seperti dikutip CNN.

Menurut Gunnel, Ali menginginkan upacara pemakaman yang terbuka buat umum. Saat ini, tiket untuk menghadiri prosesi pemakaman Ali sudah diserbu oleh masyarakat di AS.

Gary Ferman menujukkan tiket pemakaman petinju legendaris Muhammad Ali yang dibeli di Freedom Hall, Louisville, Kentucky, Selasa (7/6). Keluarga menyiapkan 14.000 tiket untuk acara pemakaman Muhammad Ali pada 10 Juni mendatang. (REUTERS/John Sommers II)

"Ia mengatakan: Ini yang saya inginkan, sebuah pemakaman dimana orang diberi kesempatan untuk memberi penghormatan pada saya," kata Gunnel.

Gunnel menambahkan, Ali menginginkan pemakamannya dilakukan dengan cara Islam, sesuai dengan agama yang ia peluk sejak 1964. Dalam rangkaian acara pemakaman, prosesi secara Islam ini akan dilakukan pada hari Kamis dan dipimpin oleh Imam Zaid Shakir, pendiri Universitas Zaytuna, Berkeley, California.

Sejumlah tokoh beken seperti Bill Clinton (eks Presiden AS), Billy Crystal (aktor), dan Bryant Gumbel (jurnalis) direncanakan akan membaca testimoni. Sementara eks juara dunia tinju Lennox Lewis dan aktor Hollywood Will Smith akan menjadi pengusung peti mati dari Muhammad Ali.

 

Video Populer

Foto Populer