Sukses


PON 2016: Elga Kharisma Tegaskan Dominasi di BMX

Bola.com, Ciamis - Ratu BMX Indonesia, Elga Kharisma Novanda, menegaskan dominasinya pada Pekan Olahraga Nasional 2016, di Sirkuit Galuh, Ciamis, Jawa Barat, Minggu (25/9/2016). Turun memperkuat kontingen Jawa Timur, pebalap asal Malang itu melesat meninggalkan para pesaingnya.

Peraih emas SEA Games 2013 ini menjadi yang tercepat setelah menyentuh garis finis dengan catatan waktu 38,930 detik atau unggul dua detik atas pebalap tuan rumah, Cupi Nopianti dengan catatan 40,975 detik. Medali perunggu direbut Regina Patricia dari NTB dengan waktu 40,707 detik.

Tanda-tanda Elga terlalu perkasa bagi semua lawannya sudah tampak pada babak kualifikasi resmi. Elga tak mampu didekati oleh lawan-lawannya. Ia melaju sendirian di depan, nyaris tanpa ada perlawanan.

Elga menyatakan kemenangan ini berkat intensitas latihannya yang tak pernah menurun selama persiapan. Ia melahap menu latihan berat dan mengikuti banyak kejuaraan level tertinggi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Yang jelas saya bangga kembali meraih medali emas PON. Ini emas yang kedua setelah PON Riau," kata Elga usai pengalungan medali.

Elga pun mendedikasikan medali emas ini untuk tim balap sepeda Jatim, masyarakat dan seluruh kontingen Jatim. Dia merasa dukungan publik Jatim, baik yang datang langsung di arena maupun yang hanya lewat doa, melancarkan upayanya meraih emas, plus menebalkan semangatnya saat lomba.

Elga berharap capaiannya bisa diikuti rekan-rekannya yang turun di nomor lain. "Saya senang dapat medali emas. Tapi akan lebih senang jika Jatim bisa memenuhi target runner-up (di klasemen akhir). Semoga terwujud," sebut Elga.

Sayang, sukses Elga ini tak diikuti pebalap BMX putra Jatim, Ari Kristanto, yang hanya menempati posisi kelima setelah mencatatkan waktu 35,844 detik. Medali emas direbut pebalap sepeda Jawa Barat, Rio Akbar, yang mencatatkan waktu 32,192 detik.

Medali perak menjadi milik I Gusti Bagus Saputra (NTB) yang menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 32,363 detik. Sementara medali perunggu didapat Renoza Aldi Pratama dari Bali yang mencatatkan waktu 33,618 detik.

Video Populer

Foto Populer