Sukses


5 Fakta Menarik Usai Rosberg Kuasai F1 GP Jepang

Bola.com, Suzuka - Pebalap Mercedes GP, Nico Rosberg, menjadi juara pada balapan F1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (9/10/2016).

Dia mengalahkan pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, yang finis kedua. Sementara rekan satu tim Rosberg, Lewis Hamilton, harus puas finis pada posisi ketiga.

Ini kemenangan pertama Rosberg di Jepang. Pebalap asal Jerman itu memang belum pernah juara di Sirkuit Suzuka. Pencapaian terbaiknya adalah menjadi runner up pada balapan 2014 dan 2015.

Sementara itu, Mercedes GP dinobatkan sebagai juara kontruktor F1 2016. Kesuksesan Rosberg dan poin yang disumbangkan Hamilton membuat Mercedes tak lagi terkejar Red Bull Racing dan Ferrari, meski balapan F1 2016 masih menyisakan empat seri lagi.

Sejumlah fakta menarik tercipta seusai kemenangan Rosberg pada balapan F1 GP Jepang. Berikut ini 5 fakta menarik usai balapan F1 GP Jepang, Minggu (9/10/2016), yang berhasil dirangkum Bola.com

2 dari 5 halaman

Mercedes GP Juara Konstruktor

1. Kemenangan Nico Rosberg dan podium ketiga yang diraih Lewis Hamilton membuat Mercedes GP dipastikan merebut titel juara konstruktor pada balapan F1 2016.

Hingga F1 2016 seri ke-17, Mercedes telah mengoleksi 593 poin. Meski musim ini masih menyisakan empat seri lagi, poin Mercedes tak mungkin bisa dikejar dua pesaing terdekat mereka, Red Bull Racing (385 poin) dan Ferrari (335 poin).

Mercedes pun mencetak hattrick setelah dua musim sebelumnya juga menjadi juara.

3 dari 5 halaman

Kemenangan Perdana Rosberg di Jepang

2. Ini merupakan kemenangan pertama Nico Rosberg pada balapan F1 GP Jepang. Sebelumnya, pencapaian terbaik pebalap asal Jerman itu adalah menjadi runner up.

"Seluruh akhir pekan ini terasa hebat. Sangat indah bisa menang di trek legendaris ini," ujar Rosberg seusai penyerahan trofi.

Kemenangan ini juga membuat Rosberg menjauh dari kejaran Lewis Hamilton pada klasemen sementara F1 2016. Rosberg tetap memimpin klasemen dengan 313 poin, unggul 33 poin atas Hamilton yang menempati posisi kedua.

4 dari 5 halaman

Verstappen Sensasional

3. Max Verstappen layak mendapat titel rookie of the year. Pebalap berusia 18 tahun itu enam kali naik podium pada balapan F1 2016 sejauh ini.

Hebatnya lagi pada balapan kali ini di Sirkuit Suzuka, Verstappen mampu mengalahkan Lewis Hamilton dalam perebutan posisi kedua.

"Lewis sungguh menekan saya. Sangat senang akhirnya tetap berada di posisi kedua," tutur pebalap asal Belanda itu.

5 dari 5 halaman

Hamilton Gagal Hattrick

4. Ini kedua kalinya tak ada satu pun pebalap yang mundur atau kecelakaan pada balapan F1 2016. Sebelumnya, hal serupa pernah terjadi pada balapan GP China, 17 April 2016.

5. Lewis Hamilton gagal mencetak hattrick kemenangan pada balapan F1 GP Jepang. Pada dua musim sebelumnya, pebalap asal Inggris itu mampu menjadi yang terbaik.

"Saya sudah melakukan yang terbaik sebisa saya dan saya senang dengan poin ini. Saya akan terus berjuang hingga balapan terakhir," kata Hamilton.

Video Populer

Foto Populer