Sukses


NBA: Lakers akan Putus Kontrak Pemain China, Yi Jianlian

Bola.com, Los Angeles - Tim NBA, Los Angeles Lakers, berencana memutus kontrak bintang basket China, Yi Jianlian, atas permintaan si pemain. Yi minta dilepas karena kesulitan mendapatkan peran terbaik dalam skema pelatih Lakers, Luke Walton.

Menurut sumber dalam liga, Yi dan perwakilannya sudah bertemu dengan ofisial Lakers pada Minggu (23/10/2016). Situs ESPN melaporkan Lakers menyetujui permohonan Yi dan akan membatalkan kontrak si pemain pada Senin (24/10/2016).

Kebetulan, Senin (24/10/2016) merupakan batas akhir pengumuman 15 pemain yang masuk dalam roster tim untuk musim reguler NBA 2016-2017. Saat ini, Lakers masih memiliki 17 pemain, termasuk Yi. Artinya, setelah memutus kontrak Yi, Lakers masih harus melepas satu pemain lagi.

Jika Yi pergi, maka dua forward veteran, yakni Metta World Peace dan Thomas Robinson, berpeluang besar masuk roster Lakers.

Untuk diketahui, Lakers mengikat Yi dengan kontrak berdurasi satu tahun senilai 8 juta dolar AS atau sekitar 104 miliar rupiah setelah tampil mengesankan bersama tim nasional China pada Olimpiade Rio 2016. Di Rio, Yi rata-rata mencetak 20,4 poin dan 6,6 rebound dalam lima laga.

Namun, performa Yi sepanjang pramusim tak mengesankan. Dia rata-rata bermain kurang dari 11 menit per gim dengan persentase shooting hanya 35 persen. Situs NBC Sports juga menilai defense-nya buruk.

Yi tak bisa mengeluarkan penampilan terbaik karena perannya dalam tim tak konsisten antara center dan forward. Dia pun sulit bersaing dengan pemain lain yang bermain di posisi yang sama seperti Julius Randle, Larry Nance, Timofey Mozgov, dan Tarik Black.

Padahal, Lakers sudah memburu Yi selama dua tahun sebelum akhirnya bisa mengontrak pemain berusia 28 tahun itu dari tim China, Guangdong Southern Tigers, pada musim panas.

Berdasarkan laporan ESPN, belum diketahui rencana Yi berikutnya, apakah akan kembali bermain di liga China atau mencari peruntungan di tim NBA lain.

Yi merupakan pemain pilihan keenam overall Milwaukee Bucks pada draft NBA 2007. Dia sempat bermain selama lima musim di NBA bersama Bucks, Brooklyn Nets, Washington Wizards, dan Dallas Mavericks sebelum menghabiskan empat musim terakhir bersama Guangdong.

Video Populer

Foto Populer