Sukses


Seri 3 Proliga 2017: Penentuan Juara Putaran Pertama di Batam

Bola.com, Batam - Seri ketiga putaran pertama Proliga 2017 bakal berlangsung di GOR Temanggung Abdul Jamal, Batam, Kepulauan Riau, 10-12 Februari 2017. Perhelatan seri pamungkas ini bakal menentukan juara putaran pertama.

Di sektor putra, ada dua tim yang berpeluang menjadi juara putaran pertama, yaitu juara bertahan Proliga Surabaya Bhayangkara Samator dan Jakarta Pertamina Energi. Kedua tim sama-sama sudah mengoleksi sembilan poin, tapi Samator masih menyisakan dua laga sedangkan Pertamina tinggal satu.

Di Batam, Samator akan mengadapi Jakarta Elektrik PLN, Sabtu (11/2/2017), dan tuan rumah Batam Sindo BVN, Minggu (12/2/2017). Sementara, Pertamina bakal berhadapan dengan Jakarta BNI Taplus, Sabtu (11/2/2017).

Samator akan menjadi juara putaran pertama jika memenangi dua laga tersisa. Sedangkan Pertamina baru bisa juara kalau menang atas BNI Taplus dan Samator selalu kalah di Batam.

Di bagian putri, peluang juara putaran pertama juga dimiliki dua tim, yakni juara bertahan Jakarta Elektrik PLN dan Jakarta PGN Popsivo Polwan. Kedua tim menempati peringkat pertama dan kedua klasemen sementara karena selalu menang dari empat laga yang sudah dimainkan.

Elektrik berada di puncak klasemen dengan nilai 11, sedangkan Popsivo di posisi kedua dengan nilai 10. Popsivo tertinggal satu poin karena pernah sekali menang dengan skor 3-2, sedangkan Elektrik menang dengan skor 3-0 atau 3-1.

Berdasarkan peraturan di Proliga, tim yang menang dengan skor 3-0 dan 3-1 akan mendapat tiga poin, sedangkan yang kalah nirpoin. Sementara itu, jika skor akhir laga 3-2, maka tim yang menang mendapat dua poin dan yang kalah dapat satu poin. Penentuan peringkat ditentukan dari jumlah kemenangan terlebih dahulu, baru kemudian poin.

Tentunya para tim bakal bersaing ketat demi merebut gelar juara putaran pertama Proliga 2017. Maklum, sang juara putaran pertama berhak mendapat hadiah uang pembinaan senilai 15 juta rupiah.

"Persaingan pada seri ketiga ini bakal ketat sehingga pertandingan akan semakin menarik," kata Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty, dalam rilis yang diterima Bola.com, Kamis (9/2/2017).

Batam baru pertama kali menjadi tempat pelaksanaan kompetisi bola voli tertinggi di Indonesia ini. Pada Proliga 2017, Batam memiliki wakil, yakni tim Batam Sindo BVN. Namun, tim putra dan putri BVN belum pernah menang sejak seri pembuka. Sebagai tuan rumah dan bermain di hadapan pendukung sendiri, BVN pasti akan tampil kesetanan demi memetik kemenangan pertama.

 

Video Populer

Foto Populer