Sukses


2 Tim Jatim Target Sapu Bersih di Seri IV Proliga 2017

Bola.com, Surabaya - Dua tim asal Jawa Timur, tim putri Gresik Petrokimia dan tim putra Surabaya Bhayangkara Samator, bertekad menyapu bersih laga pada seri IV putaran kedua Proliga 2017 di GOR Tridharma, Kediri, Jumat-Minggu (3-5/3/2017).

Tim putri Gresik Petrokimia yang jadi tuan rumah bertekad memenangi dua laga di kandang, melawan Jakarta PGN Popsivo Polwan, Jumat (3/3/2017), dan tim juru kunci Batam Sindo BVN, Minggu (5/3/2017).

Petrokimia, yang tidak pernah absen mengikuti kompetisi bola voli paling akbar di Indonesia ini, menempati peringkat kelima klasemen sementara hingga putaran satu berakhir di Batam. Manajer tim Gresik Petrokimia, Sasono Handito mengatakan timnya harus memenangi dua pertandingan tersebut jika ingin lolos ke final four.

"Pertandingan di kandang ini penting buat kami. Target kami harus menang dua pertandingan di Gresik. Supaya langkah kami ke empat besar bisa lebih gampang," kata Sasono, pada konferensi pers di Gresik, Kamis. 

Bahkan demi meraih target tersebut, manajemen Gresik Petrokimia telah menyiapkan bonus khusus untuk para pemain, meski tak disebutkan nominalnya. Menurut Sasono, pemberian bonus tersebut bertujuan sebagai stimulan bagi para pemain supaya tampil maksimal pada seri keempat ini.

Di bagian putra, juga akan terjadi pertarungan sengit. Juara putaran satu, tim putra Surabaya Bhayangkara Samator akan bertarung dengan runner-up klasemen sementara, Jakarta Pertamina Energi, Sabtu (4/3/2017).

Manajer tim Surabaya Bhayangkara Samator, Hadi Sampurno, menyatakan dua laga di Gresik wajib dimenangkan tim asuhan Ibarsjah Djanu Tjahyono. "Kami ingin amankan posisi di empat besar," ujar Hadi.

Kemenangan menjadi sebuah keharusan bagi tim kontestan jika ingin memastikan diri lolos ke final four. Pada musim ini, penentuan peringkat dalam kompetisi Proliga kali ini bukan lagi menggunakan poin atau nilai, melainkan kemenangan.

"Kalau dulu penghitungan di dalam menentukan peringkat pertama adalah poin atau nilai. Sekarang kemenangan, Ini mengacu pada aturan baru yang diberlakukan Federasi Bola Voli Internasional (FIVB)," ujar Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty.

Seperti diketahui, di dalam peraturan baru Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), jumlah kemenangan menjadi penentu utama di dalam penyusunan peringkat. Misalnya ada tim yang memiliki poin tujuh dengan dua kemenangan, sedangkan tim lainnya memiliki nilai enam tapi dengan tiga kemenangan, maka tim yang lebih tinggi peringkatnya adalah tim yang menang tiga kali.

"Dengan adanya peraturan baru ini tim tidak hanya ingin segera meraup poin tapi juga kemenangan. Makanya persaingan putaran kedua Proliga 2017 lebih seru dan menarik untuk diikuti," tambah Hanny yang juga Ketua V Bidang Pertandingan PP PBVSI.


Video Populer

Foto Populer