China Masters: Berry / Hardianto Melaju, Tunggal Putra Habis

Oleh Oka Akhsan pada 19 Apr 2017, 20:13 WIB

Bola.com, Jiangsu - Ganda putra Indonesia Berry Angriawan/Hardianto mulus melewati rintangan pertama pada China Masters Grand Prix Gold 2017. Unggulan keenam itu melaju ke babak kedua setelah menyingkirkan wakil tuan rumah Liu Shiwen/Shang Yichen, Rabu (19/4/2017).

Berry/Hardianto menang dua gim langsung 21-12, 21-16. Juara Malaysia Masters 2017 itu hanya butuh waktu 24 menit untuk membungkam sang lawan.

Namun, dua ganda putra Indonesia lainnya, yaitu Sabar Karyaman Gutama/Frengky Wijaya Putra dan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso, langsung kandas pada babak pertama. Sabar/Frengky dijegal wakil Taiwan Lin Shang Kai/Yang Po-Hsuan 18-21, 18-21, sedangkan Wahyu/Ade menyerah kepada pasangan tuan rumah Fan Qiuyue/Ren Xiangyu 14-21, 21-18, 10-21.

Pada babak kedua, Berry/Hardianto akan menghadapi pemenang laga antara pasangan Taiwan Liao Min Chun/Su Cheng Heng dan wakil tuan rumah Chen Keng/Chen Sihang. Berry/Hardianto belum pernah berhadapan dengan kedua calon lawannya itu.

Selain Berry/Hardianto, Indonesia juga diwakili Hendra Setiawan yang berpasangan dengan pemain Malaysia Tan Boon Heong pada babak kedua nomor ganda putra. Hendra/Tan akan bertemu wakil Malaysia, Mohd Razif Abdul Latif/Muhammad Hafiz Hashim.

Sementara itu, tunggal putra Indonesia dipastikan habis setelah pemain tersisa Firman Abdul Kholik terhenti pada babak kedua. Firman takluk dari pemain Taiwan Lin Chia Hsuan dalam duel tiga gim selama 68 menit dengan skor 17-21, 21-14, 19-21. Kekalahan itu cukup mengejutkan mengingat peringkat BWF Firman (81) jauh di atas Lin (199).

Performa tunggal putra pelatnas pada China Masters Grand Prix Gold 2017 layak disorot. Dari empat wakil yang dikirim cuma satu yang lolos ke babak kedua, yakni Firman. Sementara itu, Panji Ahmad Maulana, Muhammad Bayu Pangisthu, dan Krishna Adi Nugraha sudah terkapar pada babak pertama. Hasil ini sekaligus menyamai pencapaian edisi tahun lalu di mana tunggal putra Indonesia sudah rontok semua pada babak kedua.

Wakil Indonesia Tersisa:

Tunggal Putra: -
Tunggal Putri: -
Ganda Putra: Berry Angriawan/Hardianto, Hendra Setiawan/Tan Boon Heong (Malaysia)
Ganda Putri: Tiara Rosalia Nuraidah/Rizki Amelia Pradipta
Ganda Campuran: Hafiz Faisal/Shela Devi Aulia, Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja, Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa Islami