Sukses


    Ada Peran Film Animasi di Karier Pepanah Ika Yuliana Rochmawati

    Bola.com, Jakarta - Ada cerita unik di balik karier pepanah andalan Indonesia untuk SEA Games 2017, Ika Yuliana Rochmawati. Wanita asal Bojonegoro itu mengaku keputusannya menjadi atlet panahan karena dipengaruhi oleh film animasi.

    Perkenalan Ika pada dunia panahan terjadi saat masih berusia 12 tahun. Ketika itu, Ika yang masih duduk di bangku kelas VI Sekolah Dasar sering diajak sang Ibunda menonton kompetisi panahan.

    Ajakan yang dilakukan sang ibu disambut antusias oleh Ika. Apalagi Ika yang saat itu gemar menonton film animasi sangat tertarik dengan seorang karakter yang menjadikan panahan sebagai alat senjata membela diri.

    "Saya kenal panahan itu ketika kelas VI SD. Ketika itu sering diajak ibu nonton panahan di Bojonegoro. Selain itu, saya juga suka menonton film animasi," kata Ika kepada Bola.com di Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (26/4/2017).

    "Kebetulan dalam film yang saya tonton ada karakter yang bisa memanah. Kan dilihat-lihat keren tuh bisa memanah," kenang Ika.

    Sejak saat itu, Ika mulai jatuh cinta dengan panahan. Ibundanya pun kemudian memasukkan Ika ke tempat bimbingan panahan yang berada di kotanya.

    Keseriusan Ika akan olahraga tersebut dibuktikannya dengan prestasi. Wanita yang kini berusia 27 tahun itu menjadi andalan Indonesia.

    Pada usia 19 tahun, Ika sudah memperkuat kontingen Indonesia di Olimpiade Beijing 2008. Sampai sekarang sudah tiga gelaran Olimpiade diikuti Ika yakni pada Olimpiade tahun 2008, 2012, dan 2016. Prestasi terbaiknya terjadi pada Olimpiade London 2012 dengan menduduki peringkat kesembilan.

    Untuk level Asia, Ika yang turun di nomor recurve itu sudah mengikuti dua Asian Games yakni edisi 2010 dan 2014. Sayang, belum sekalipun dia menyumbang medali. Ika meraih prestasi cemerlang di SEA Games. Wanita berpostur 165 cm itu meraih dua emas, satu perak, dan satu perunggu dari tiga edisi SEA Games.

    "Tujuan yang belum saya capai meraih medali di Asian Games dan Olimpiade. Semoga bisa mewujudkan itu dalam waktu dekat. Namun, untuk saat ini saya ingin fokus pada event terdekat dulu yakni SEA Games di Kuala Lumpur nanti," ujar Ika.

    Ika Yuliana Rochmawati menjadi satu dari 12 atlet tim nasional panahan Indonesia proyeksi SEA Games 2017. Saat ini, mereka melakukan pemusatan latihan di Cibubur, Jakarta Timur dan diagendakan bakal melakukan dua uji coba luar negeri ke China dan Amerika Serikat.

    Video Populer

    Foto Populer