Sukses


Joe Taslim dan Cerita Wujudkan Impian Sang Ayah lewat Judo

Bola.com, Jakarta - Sebelum dikenal sebagai aktor laga andal di Indonesia, Joe Taslim lekat dengan olahraga judo. Sang aktor menggeluti judo bukan untuk sekadar menjalani hobi, tapi serius mengejar prestasi. Totalitas menjadi pejudo membawanya memperkuat tim nasional selama 12 tahun. 

Kedekatan Joe Taslim dengan judo berawal dari ambisi ayahnya, Mardjuki Taslim. Sang ayah punya peran besar di balik keputusan Joe menjadi atlet sejak berusia 15 tahun.

Cerita berawal dari keinginan sang ayah supaya Joe Taslim bisa membela panji-panji Indonesia di arena olahraga. Namun, perjalanan mewujudkan cita-cita sang ayah ternyata tak mudah. Joe muda yang tinggal di Palembang, Sumatra Selatan, sempat mencoba sejumlah cabang olahraga seperti bulutangkis, wushu, taekwondo, hingga tinju.

"Saya menekuni judo sebenarnya tidak sengaja. Papa ingin saya jadi atlet untuk Indonesia dengan cara masuk tim nasional. Saat itu juga sebenarnya judo di Palembang sedang remuk-remuknya," kata Joe Taslim kepada Bola.com di Baskethall Senayan Trade Center, Jakarta, Minggu (7/5/2017).

"Saya sempat ikut wushu, taekwondo, hingga tinju. Bahkan sempat menjajal bulutangkis. Intinya, Papa saya ingin anaknya membela Merah Putih. Mau cabang apapun terserah, kata Papa waktu itu," kenang pemilik nama lengkap Johannes Taslim tersebut.

Takdir akhirnya membawa Joe pada judo. Saat itu, Joe sebenarnya sedang menjajal berlatih wushu. Ternyata, di tempat berlatih wushu tersebut juga digunakan untuk lokasi latihan judo. Joe Taslim dan kakaknya kemudian tertarik pada olahraga beladiri asal Jepang itu hingga akhirnya membuka jalan keduanya menuju pelatnas judo.

"Saya dan Kakak ikut latihan judo. Namun, dia duluan yang dipanggil timnas," ucap aktor yang namanya beken lewat film The Reid itu.

Pada usia yang masih remaja, Joe Taslim menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berlatih judo. Senin sampai Sabtu dilaluinya di tempat latihan dengan porsi sesi pagi, siang, dan sore. 

Meski begitu, usaha dan kerja keras Joe Taslim berlatih judo tak sia-sia. Setelah dipanggil timnas judo, Joe Taslim berhasil mempersembahkan sejumlah prestasi untuk Indonesia.

"Jadi atlet ya memang gitu, kehilangan masa-masa SMA. Orang-orang nongkrong dan pacaran, saya latihan dan latihan. Pengorbanannya emang begitu. Akan tetapi, saya tak menyesal. Saya bangga malahan bisa meraih medali untuk negara ini," ucap  aktor berusia 35 tahun itu.

Sepanjang kariernya sebagai atlet judo, Joe Taslim tercatat pernah meraih medali emas di South East Asia Judo Championship Singapore 1999, medali perak di SEA Games 2007, dan medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2008 mewakili kontingen Sumatra Selatan.

 

Video Populer

Foto Populer