Sukses


Timnas Bulutangkis China Tunjuk 2 Pelatih Pengganti Li Yongbo

Bola.com, Jakarta Timnas bulutangkis China resmi memulai era baru dengan menunjuk duet Xia Xuanze dan Zhang Jun sebagai kepala pelatih menggantikan Li Yongbo yang mundur pada bulan lalu. 

Seperti dilansir situs All England Badminton, Selasa (9/5/2017), Xia Xuanze yang merupakan mantan juara dunia akan bertanggung jawab menangani sektor tunggal, sedangkan Zhang Jun, pemegang dua medali emas Olimpiade, akan memegang sektor ganda.

Selain menunjuk dua pelatih tersebut, China juga mengangkat mantan bintang ganda putra, Wang Wei, sebagai sosok yang bertanggung jawab dalam pengembangan tim.

“Xia, Zhang, dan Wang semuanya didedikasikan untuk mengembangkan tim nasional," tulis pernyataan resmi induk organisasi bulutangkis China.

"Sebagai tambahan, mereka adalah para pemain top dunia sepanjang kariernya dan berperan sebagai pelatih nasional tim setelah pensiun. Setelah melatih tunggal dan ganda putra untuk dua edisi olimpiade, mereka familier dengan para pemain di timnas, rival-rival utama, dan tren perkembangan bulutangkis dunia."

"Mereka punya kemampuan membawa tim nasional untuk merampungkan misi di ajang Olimpiade Tokyo 2020."

Li Yongbo merupakan sosok vital dalam tim nasional China dalam tiga dekade terakhir. Dia menjabat sebagai pelatih kepala tim bulutangkis China selama 24 tahun. Petualangan panjang Li Yongbo yang dimulai pada 1992 itu akhirnya berakhir pada bulan lalu.

Di bawah kendali Li, China menyabet 18 medali emas olimpiade dan 10 titel Piala Sudirman, serta sembilan gelar Piala Uber dan lima gelar Piala Thomas. Kesuksesan era Li Yongbo di olimpiade, termasuk sapu bersih medali emas di London 2012. Namun, dua tahun berselang China hanya membawa pulang dua medali emas dari Olimpiade Rio de Janeiro.

Ujian pertama bagi dua pelatih baru pengganti Li Yonbo adalah Piala Sudirman, di Gold Cost Australia. Di turnamen ini, China merupakan langganan juara.

Zhang Jun menorehkan tinta emas di Olimpiade Sydney 2000 dan Athena 2004, dengan merebut back to back medali emas bersama Gao Ling. Pasangan ini juga mengoleksi tiga gelar di All England. Xia Xuanze juga punya catatan apik di All England, serta mengoleksi tiga gelar di Kejuaraan Dunia.

Prestasi-prestasi apik tersebut bisa menjadi modal awal untuk memulai era baru bulutangkis China tanpa Li Yongbo

Video Populer

Foto Populer