Sukses


Maluku Gelar Tour de Molvccas, Janjikan Rute yang Manjakan Mata

Bola.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Maluku bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata meresmikan Tour de Molvccas (TdM) 2017 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (10/5/2017). Ajang balap sepeda bertaraf internasional itu menjadi yang pertama di Maluku dan akan berlangsung pada 18-22 September 2017.

Tour de Molvccas 2017 akan menempuh jarak 770,3 km yang terbagi dalam 5 etape. Selain menjadi ajang olahraga, Tour de Molvccas 2017 diharapkan juga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Maluku.

Kementerian Pariwisata menargetkan kedatangan 1,5 juta wisatawan mancanegara dan 265 juta wisatawan nusantara. Menteri Pariwisata, Arief Yahya, sangat mendukung penyelenggaraan balap sepeda yang menarget 120 pebalap dari 30 negara tersebut.

"Event sport tourism mempunyai nilai pemberitaan yang tinggi sehingga menjadi sarana promosi efektif serta memberikan dampak langsung pada ekonomi masyarakat termasuk pula mendorong percepatan pembangunan infrastruktur jalan yang akan dilalui peserta,” kata Arief dalam sambutannya di Jakarta, Rabu (10/5/2017).

"Menjelang waktu penyelenggaraan yang relatif pendek yakni empat bulan, strategi promosi dan publikasi harus digencarkan," ujar Arief.

Senada dengan Menpar, Gubernur Maluku, Said Assagaf, berharap Tour de Molvccas 2017 bisa menjadi kegiatan strategis untuk mempromosikan pariwisata Maluku. Mengusung tema "Menyingkap Surga Tersembunyi", Said Assagaf juga menjanjikan trek Tour de Molvccas 2017 yang menyuguhkan pemandangan alam yang memesona.

"Lomba balap sepeda mempunyai daya pikat yang tinggi dalam mengangkat wisata juga dapat mengundang minat untuk mengunjungi tempat-tempat yang dilalui lomba yakni melintasi 3 kabupaten dan 1 kotamadya," ucap Said Assagaf.

"Sepanjang trek tersebut menjanjikan pemandangan alam yang sangat indah. Oleh sebab itu, kami mengundang seluruh masyarakat untuk datang ke Maluku pada Tour de Molvccas nanti," ungkap Said Assagaf.

Lima etape Tour de Molvccas 2017 nanti terdiri atas Etape 1 Piru – Masohi 185,5 km; Etape 2 Sawai – Bula 228,8 km; Etape 3 Bula – Wahai 159,2 km; Etape 4 Masohi – Kairatu142,4 km; dan Etape 5 Namalatu Beach – Ambon (loop) 87,2 km.

Video Populer

Foto Populer