Ratchanok dan Tanongsak Pimpin Thailand di Piala Sudirman 2017

Oleh Yus Mei Sawitri pada 15 Mei 2017, 16:15 WIB
Ratchanok Intanon

Bola.com, Bangkok - Thailand bakal menurunkan skuat terbaik, dipimpin Ratchanok Intanon dan Tanongsak Saensomboosuk, pada Piala Sudirman 2017, di Gold Coast, Australia, pada 21-28 Mei.

Selain dua pemain terbaik tersebut, Thailand juga bakal diperkuat pasangan ganda campuran yang sedang in-form, Dechapol Puavaranukroh dan Sapsiree Taerattanachai.

Presiden Asosiasi Bulutangkis Thailand, Khunying Patama Leeswadtrakul, mengaku optimistis dengan peluang tim di Piala Sudirman. "Kami mengirimkan pemain terbaik ke Gold Coast, dipimpin Ratchanok dan Tanongsak, serta pemain ganda campuran Dechapol dan Sapsiree," ujar Khunying, seperti dilansir Bangkok Post.

"Target kami adalah lolos ke perempat final dan saya yakin kami cukup baik untuk sampai di sana," sambung dia.

Thailand, yang tergabung di Grup 1A, bakal meladeni Hong Kong di laga pertama pada 22 Mei, kemudian menantang China dua hari berselang. China jelas bukan lawan yang mudah karena merupakan juara dalam enam edisi terakhir Piala Sudirman.

Grup 1B diisi oleh Korea Selatan, Taiwan, dan Rusia, sedangkan Grup 1C dihuni Jepang, Malaysia, dan Jerman. Adapun Denmark, Indonesia, dan India tergabung di Grup 1D. Dua tim dari masing-masing grup bakal lolos ke babak perempat final.

Prestasi terbaik Thailand di Piala Sudirman saat menapak semifinal pada 2013. Mereka kalah 1-3 dari Korea dan berbagi posisi ketiga dengan Denmark.

Selain Tanongsak, pemain putra Thailand yang turun di Piala Sudirman yaitu Khosit Phetpradap, Adulrach Namkul, Suppanyu Avihingsanon, Bodin Isara, Niphitphon Phuangphuapet, Dechapol, Kittinupong Kedren, Trawut Potieng, dan Nanthakarn Yordpaisong.

Di sektor tunggal putri, Ratchanok bakal ditemani oleh Busanan Ongbamrungphan, Nitchaon Jindapol, Pornpawee Chochuwong, Sapsiree, Puttita Supajirakul, Rawinda Prajongjai, Jongkolphan Kititharakul, dan Savitree Amitrapai .

Total 28 tim bakal berpartisipasi di ajang Piala Sudirman 2017. Mereka terbagi menjadi tiga grup besar, tergantung ranking masing-masing negara.