Piala Sudirman: Indonesia Belum Pilih Pemain untuk Hadapi Sindhu

Oleh Yus Mei Sawitri pada 17 Mei 2017, 09:15 WIB
Gregoria Mariska

Bola.com, Jakarta - Indonesia belum memutuskan pemain tunggal putri yang akan diturunkan saat menghadapi laga perdana di Piala Sudirman 2017, melawan India. Tunggal putri Indonesia kemungkinan bakal meladeni peraih medali perak Olimpiade Rio de Jenairo, Pusarla Venkata Sindhu.

Indonesia dijadwalkan bertanding melawan India pada Selasa, 23 Mei. Sehari sebelumnya, India lebih dulu bentrok melawan Denmark pada laga pembuka Grup 1 D.

Manajer tim Indonesia di Piala Sudirman, Susy Susanti, mengatakan pemain yang akan diturunkan melawan India baru diputuskan menjelang pertandingan. Menurut Susy, skuat inti akan untuk laga pertama diumumkan setelah pertandingan India melawan Denmark.

Indonesia membawa tiga pemain tunggal putri ke, yaitu Fitriani, Diyah Dinar Ayustine, dan Gregoria Mariska. Susy menyatakan ketiga pemain punya kesempatan yang sama besar untuk bermain saat menghadapi India, kemungkinan berjumpa PV Sindhu.

"Saat ini belum pasti siapa yang bermain (melawan Sindhu). Nanti diumumkan pada saat-saat terakhir. Kami juga ingin melihat dulu permainan India saat melawan Denmark," kata Susy saat dihubungi Bola.com, Selasa (16/5/2017).

Susy menyatakan siapapun yang diturunkan harus siap. Istri Alan Budikusuma tersebut juga yakin peluang mendulang poin di nomor tunggal putri saat melawan India tetap terbuka. Susy meminta siapapun yang dimainkan tak minder dengan status Sindhu sebagai pebulutangkis papan atas dunia.

"Sindhu dengan pengalaman yang dimilikinya tentu jauh lebih percaya diri. Namun, setiap pemain punya kelemahan dan juga kelebihan, termasuk Sindhu," ujar Susy.

Susy menyatakan modal terpenting menghadapi Sindhu adalah latihan keras dengan pola bagus dan pengaturan strategi yang pas. "Sindhu jangan sampai diberi bola-bola tanggung, itu akan sangat mudah buat pemain yang posturnya tinggi seperti dia," kata Susy.

"Bermain dengan dia harus dalam, dengan pola permainan yang agak sedikit pelan. Kami sudah menganalisis semua video Sindhu, terutama saat dia kalah. Saya yakin tunggal putri tetap punya peluang meskipun di atas kertas kalah dengan Sindhu," sambung Sindhu.

Turnamen bulutangkis beregu campuran, Piala Sudirman 2017, digelar di Gold Coast, Australia, pada 21-28 Mei. India tergabung di Grup 1D bersama Denmark dan India.