Maria Sharapova Tak Dapat Wildcard ke Prancis Terbuka

Oleh Yus Mei Sawitri pada 17 Mei 2017, 05:00 WIB
Maria Sharapova

Bola.com, Paris - Maria Sharapova bakal absen di Grand Slam Prancis Terbuka setelah penyelenggara turnamen memutuskan tak memberikan wildcard kepada petenis Rusia tersebut. Menurut pihak penyelenggara, wildcard tak bisa diberikan kepada petenis yang baru lepas dari hukuman doping.

"Ada wildcard untuk (petenis) yang kembali dari cedera, namun tak ada wildcard untuk yang kembali dari (hukuman) doping," kata Chief Federasi Tenis Prancis, Giudicelli Ferrandini, seperti dilansir BBC, Rabu (17/5/2017).

Ranking Sharapova terlalu rendah untuk bisa lolos langsung ke ajang Prancis Terbuka. Peringkat sang petenis hilang lantaran menjalani hukuman akibat doping selama 15 bulan.

Semula Maria Sharapova berharap mendapat wildcard supaya bisa lolos ke babak utama atau kualifikasi turnamen. Namun, harapannya kandas. Sharapova dipastikan absen pada Prancis Terbuka yang dimulai pada 28 Mei.

"Kami ikut menyesal untuk Maria. kami juga minta maaf kepada fansnya," kata Giudicelli Ferrandini.

"Mereka (fans Sharapova) mungkin kecewa, dia juga mungkin sangat kecewa. Tapi ini tanggung jawab saya, misi saya, untuk menjaga standar tinggi permainan tanpa ada yang meragukan hasilnya," sambung Ferrandini.

Mantan petenis nomor satu dunia tersebut tak tampil di grand slam sejak diketahui positif doping meldonium pada Australia Terbuka 2016. Sharapova dijatuhi hukuman selama dua tahun, namun kemudian dipotong menjadi 15 bulan setelah mengajukan banding.

Maria Sharapova kembali beraksi tanpa ranking pada bulan lalu. Dia kini menempati peringkat ke-211 dunia setelah menerima wildcard di turnamen Stuttgart, Madrid, dan Roma.