2 Legenda Bulutangkis Berbagi Resep Menangi Piala Sudirman

Oleh Yus Mei Sawitri pada 17 Mei 2017, 14:30 WIB
Piala Sudirman 2017

Bola.com, Jakarta - Dua legenda bulutangkis yang turut membantu Indonesia memenangi Piala Sudirman pada 1989, Susy Susanti dan Eddy Hartono, memberi suntikan semangat kepada para pemain yang akan bertanding di ajang yang sama, pada 21-28 Mei 2017. Mereka yakin peluang juara selalu terbuka meskipun skuat Tim Merah Putih dinilai kurang ideal untuk memenangi Piala Sudirman 2017.

Indonesia bakal bertumpu pada sektor ganda putra dan ganda campuran pada Piala Sudirman 2017. Di sektor tunggal putri dan tunggal putra, maupun ganda putri, Indonesia tak memiliki modal pemain sekuat ganda putra dan ganda campuran.

Meskipun mengakui peluang Indonesia cukup berat, Eddy Hartono meminta pemain tak menyerah sebelum bertanding.

"Peluang memang berat, andalan kita kan ganda putra dan ganda campuran. Namun, main beregu itu beda, selain itu ada faktor keberuntungan juga," kata Eddy, saat dihubungi Bola.com, Minggu (14/5/2017).

"Kalau dari saya yang penting tiap-tiap pemain harus berusaha menang, baru setelah itu memikirkan yang lain. Setiap pemain pemain harus punya keyakinan untuk memenangi pertandingan masing-masing," imbuh dia.

Susy juga memberikan suntikan semangat hampir senada. Manajer tim Indonesia di Piala Sudirman 2017 tersebut meminta pemain jangan minder sebelum bertanding.

"Semua pemain punya peluang menang, siapapun lawannya. Pokoknya pesan saya, jangan menyerah sebelum pertandingan berakhir. Jangan takut melawan siapapun. Itu yang selalu saya katakan kepada para pemain," urai Susy Susanti.

"Jangan memandang pemain yang akan dihadapi. Kan belum tahu seperti apa hasil akhirnya, yang penting main dulu. Tapi juga harus didukung persiapan matang dan latihan keras. Harus tahu strategi yang harus diterapkan, kalau tegang itu pasti. Pemain kita harus berani melawan, kans pasti ada. Jangan takut kalah dan jangan mau kalah," sambung peraih medali emas di Olimpiade Barcelona 1992.

Indonesia akan memulai perjuangan di Piala Sudirman 2017 dengan menghadapi India, pada 23 Mei. Selain India, Indonesia juga akan menghadapi Denmark di fase Grup 1D.