Menpora Berharap Borobudur Marathon Bisa Gali Potensi Pelari Muda

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 19 Mei 2017, 15:06 WIB
Menpora, Marathon, Borobudur Marathon

Bola.com, Jakarta - Borobudur Marathon 2017 bakal dihelat pada 19 November 2017. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, berharap ajang ini bisa menggali bakat pelari muda nasional.

Menariknya, Menpora mengaku sudah dua kali ikut meramaikan kegiatan ini. Pria asal Bangkalan, Madura, tersebut mengatakan pemerintah bakal terus mendukung ajang yang sudah dilangsungkan sejak 1990 tersebut.

 

"Kami pemerintah akan terus mendorong Borobudur Marathon ini sebagai upaya peningkatan prestasi olahraga khususnya lari marathon," ujar Menpora saat meresmikan Borobudur Marathon 2017 di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jumat (19/5/2017).

"Pemerintah ingin memastikan bahwa Borobudur sebagai keajaiban dunia juga memberikan manfaat untuk berolahraga dan memastikan bahwa Borobudur adalah tempat yang pas untuk dikunjungi, kami pemerintah akan selalu mendukung."

"Ajang ini menyatukan antara pembudayaan olahraga dengan pembinaan prestasi dan menjadi momentum penting bagi induk federasi atletik untuk memastikan banyaknya talenta muda yang dapat di rekrut," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko, berharap kegiatan ini bisa mengangkat olahraga dan turism di Jawa Tengah. Dia juga memastikan jumlah peserta akan dikurangi dari perhelatan sebelumnya. Ini disebabkan kapasitas tempat yang belum memadai.

"Tahun 2016 misalnya, peserta yang ikut mencapai 20 ribu peserta dan ini menyulitkan peserta itu sendiri. kami tidak ingin peserta kecewa," ujar Heru.

"Kami ingin para peserta yang datang dapat merasa nyaman. Kami batasi seluruh pesertanya 10 ribu orang, 30 persen peserta lokal dan 70 persen peserta luar negeri," sambung Heru yang menyebut peserta Borobudur Marathon 2017 berasal dari negara ASEAN, Jepang dan Kenya.