Sukses


Juarai FIBA Asia, Tim Basket 3 x 3 Tatap Youth Olympic Games

Bola.com, Jakarta - Manajer tim basket putri 3x3 Indonesia, Anthony Gunawan, menyebut timnya tak akan berlaga di ajang Kejuaraan Dunia meski telah mengantongi status juara pada kompetisi FIBA 3x3 U18 Asia Cup 2017, di Cyberjaya, Malaysia, Minggu (28/5/2017). Sebagai gantinya, Michelle Kurniawan dkk bakal tampil pada ajang Youth Olympic Games (YOG) di Buenos Aires, Agentina, 1-6 Oktober 2018.

Tim putri Indonesia berhasil menjadi juara FIBA 3x3 U18 Asia setelah mengalahkan tuan rumah Malaysia dengan skor 13-6 pada partai final yang berlangsung pada 28 Mei 2017. Pencapaian ini terbilang luar biasa karena awalnya mereka hanya ditargetkan untuk lolos empat besar. 

"Seharusnya Indonesia memang lolos untuk kejuaraan dunia setelah berhasil menjuarai FIBA 3x3 Asia. Akan, tetapi tahun depan kompetisi tersebut tak diadakan dan sebagai gantinya Indonesia bakal tampil di YOG," ujar Anthony Gunawan kepada Bola.com, Jumat (2/6/2017).

Meski dipastikan bakal tampil di YOG, Indonesia tak mendapat tiket otomatis untuk masuk ke putaran final. Tim Merah Putih harus berjuang dari babak kualifikasi karena jarang membuat kompetisi 3x3 serta tak memiliki poin yang cukup untuk langsung tampil di penyisihan grup.

"Untuk saat ini fokusnya adalah mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Mau tidak mau hal ini harus kami lalui demi tampil di YOG," sambungnya.

Setelah berhasil menjadi juara Asia, tim basket putri 3x3 Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-11 rangking dunia. Namun, hal itu belum cukup karena Indonesia setidaknya harus berada di peringkat delapan untuk bisa mendapatkan tiket ke putaran final YOG 2018.

Video Populer

Foto Populer