Sukses


Ironman 70.3 Bintan Dipanaskan Persaingan 16 Atlet Elite Dunia

Bola.com, Jakarta - Kabupaten Bintan di Kepulauan Riau bakal menggelar ajang triathlon internasional bertajuk Ironman 70.3 pada 20 Agustus 2017. Ajang ini akan diikuti 16 atlet elite dan 1.200 atlet amatir atau rekreasional, baik lokal maupun mancanegara.

Ironman 70.3 Bintan 2017 merupakan kejuaraan triathlon, olahraga gabungan antara berenang, bersepeda, dan berlari, level internasional. Perlombaan akan dimulai pada pagi hari dan dibuka dengan olahraga berenang sejauh 1,9 km dengan posisi start di Plaza Lagoi, pusat pengembangan pariwisata Teluk Lagoi di zona khusus Bintan Resort dari wilayah kepulauan Indonesia.

Setelah itu, para peserta akan menempuh jarak 90 km untuk bersepada di jalanan mulus dan lepas. Para peserta akan mengakhiri lomba dengan berlari sejauh 21 km. Pihak penyelenggara optimistis Ironman 70.3 Bintan 2017 akan kembali menyedot animo dari atlet dari dalam dan luar negeri.

"Ironman 70.3 Bintan merupakan ajang Ironman satu-satunya di Indonesia dan satu dari lima ajang di Asia Tenggara. Berdasarkan penyelenggaraan tahun lalu, tingkat kepuasan atlet mencapai 95 persen," kata CEO of MetaSport, Nathalie Marquet, kepada para wartawan di Jakarta, Rabu (12/7/2017).

"Selain itu, secara survei global Ironman 70.3, perlombaan di Bintan ini menghuni posisi ketiga di dunia setelah seri Jerman dan Prancis. Bintan menjadi edisi Ironman yang memiliki perkembangan pesat yakni 60 persen dan saya yakin tahun ini pun animonya bakal lebih meriah," ujar Marquet.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana, menyambut baik penyelenggaraan Ironman 70.3 Bintan 2017. Menurut Pitana, ajang ini menjadi salah satu sport tourism yang bisa menyedot banyak wisatawan mancanegara sekaligus ajang promosi Indonesia di internasional.

"Di Bintan ada banyak event dan menurut pengalaman pribadi saya pada event yang pertama itu auranya luar biasa. Saya bisa mengatakan, dari banyak sport tourism yang pernah saya hadiri, Ironman Bintan menjadi salah satu yang terbaik. Itu dibuktikan dengan adanya pengakuan dari internasional," ujar Pitana.

Sebanyak 200 atlet triathlon Indonesia akan berlomba di ajang Ironman 70.3 Bintan 2017. Total hadiah yang diperebutkan untuk kategori elite mencapai 15 ribu dollar AS atau setara Rp 200 juta. Selain itu, pemenang di Ironman 70.3 Bintan 2017 akan mendapatkan satu dari 30 slot yang ditawarkan untuk mengikuti Ironman World Championship 2018 yang akan digelar di Afrika Selatan.

Video Populer

Foto Populer