Asian Games 2018 Jadi Akhir Karier Liliyana Natsir?

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 13 Jul 2017, 17:25 WIB
Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad

Bola.com, Jakarta - Pemain ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir, buka suara mengenai rencana gantung raket. Pebulutangkis yang akrab disapa Butet itu mengaku akan mempertimbangkan pensiun setelah Asian Games 2018.

Rencana ini sebenarnya sudah lama diungkapkan Liliyana Natsir. Hal itu bermula ketika Liliyana mengalami cedera lutut berkepanjangan setelah meraih Olimpiade Rio 2016.

Liliyana kembali mengungkapkan rencana gantung raket setelah meraih gelar Indonesia Open Super Series Premier 2017. Namun, Liliyana berhasrat menuntaskan rasa penasaran di Asian Games 2018 karena sebelumnya belum mampu meraih medali emas di pesta multi event antar negara Asia tersebut.

"Kalau saya ingin Asian Games untuk melengkapi gelar saya dan Owi. Jadi juara dunia sudah, All England sudah, Indonesia Open sudah, Olimpiade udah, dan Asian Games masih perak," kata Liliyana kepada wartawan di Jakarta, Kamis (13/7/2017).

"Inginnya sebagai tuan rumah, kami bisa memberi emas untuk Indonesia di Asian Games," ujar Liliyana.

Pelatih ganda campuran, Richard Mainaky, membenarkan Liliyana masuk agenda program untuk Asian Games. Namun, Richard menyatakan keputusan akhir ada di tangan Liliyana.

"Sebenarnya kalau saling cover itu lebih komplet. Saat Butet tak bisa maksimal ada Owi yang mendukung begitu juga sebaliknya. Jadi, mungkin saja bisa sampai Olimpiade 2020. Namun, di program saya itu Liliyana sampai Asian Games 2018. Bagaimana setelahnya terserah Butet," ujar Richard.

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir saat ini fokus mempersiapkan diri menghadapi Kejuaraan Dunia Bulutangkis di Glasgow, Skotlandia, 21-27 Agustus 2017. Bersama Tontowi, prestasi terbaik Liliyana Natsir adalah memenangi Kejuaraan Bulutangkis Dunia 2013.