Tya Ariestya Ungkap Keuntungan Berlatih MMA untuk Kaum Hawa

Oleh Andhika Putra pada 15 Jul 2017, 14:39 WIB
Tya Ariestya

Bola.com, Jakarta - Artis Indonesia, Tya Ariestya, mengungkap beberapa keuntungan bagi kaum Hawa yang ingin mencoba olahraga Mixed Martial Arts (MMA). Menurut Tya, berlatih MMA merupakan cara cepat untuk menurunkan berat bedan.

Hal ini dirasakan langsung Tya yang aktif berlatih MMA di Tatsujin Dojo pasca-melahirkan putra pertamanya, Muhammad Kanaka Ratinggang, pada 4 Agutus 2016. Tya mengaku setelah lima bulan berlatih MMA, berat badannya langsung turun secara drastis.

Tatsujin Dojo merupakan akademi MMA yang sudah memiliki nama besar di kancah dunia. Akademi ini didirikan oleh legenda MMA asal Belanda, Martijn de Jong, pada 1995.

"Setelah melahirkan berat badan saya itu naik 24 kilogram. Saat ini sudah sembilan kilogram turun setelah rajin latihan MMA dan badan juga terasa lebih kencang dan berbentuk pastinya," ujar Tya kepada Bola.com saat ditemui belum lama ini.

Tya yang merupakan mantan atlet Taekwondo nasional, juga mengungkap beberapa perbedaan ketika mulai aktif berlatih MMA. Presenter berusia 31 tahun itu merasa MMA jauh lebih efektif ketika digunakan untuk para wanita mempertahankan diri.

"Kalau taekwondo itu biasanya lebih mengandalkan pertarungan jarak jauh dan agak sulit digunakan kalau mendapat serangan tiba-tiba dari jarak dekat. Sedang di MMA, ada banyak gerakan yang memang khusus untuk self defense," tutur Tya.