Sukses


Final Wimbledon 2017: Misi Cilic Hentikan Dominasi Federer

London - Roger Federer bakal difavoritkan saat bertemu Marin Cilic pada final Wimbledon 2017, Minggu (16/7/2017) malam WIB. Petenis veteran ini tentunya berharap bisa jadi petenis pertama yang mampu memenangkan delapan gelar di turnamen ketiga tahunan ini.

Federer kini disejajarkan dengan William Renshaw dan Pete Sampras yang sudab mengoleksi tujuh gelar Wimbledon.Final kali ini juga terasa istimewa buat petenis Swiss itu mengingat dia telah menyamai rekor Jimmy Connors mencetak 102 final. 

Penampilan Federer pada tahun ini sangat luar biasa setelah menjalani pemulihan pasca-mengalami cedera lutut pada 2016. Tiga gelar berhasil dikumpulkannya sepanjang pertengahan tahun ini, yakni Australia Terbuka, Indian Wells, dan Miami.

Di sisi lain, Cilic juga mengusung misi besar untuk menjadi petenis pertama di luar Big Four (Federer, Rafael Nadal, Novak Djokovic, dan Andy Murray) yang bakal memenangkan gelar Wimbledon sejak Lleyton Hewitt pada tahun 2002.

Cilic telah kehilangan 11 dari 12 pertandingan terakhirnya melawan petenis teratas pada turnamen Grand Slam. Satu-satunya kemenangan yang berhasil diraihnya saat mengalahkan Federer di New York pada 2014.

Rekor head to head Cilic versus Federer juga tidak memberikan banyak alasan untuk tetap berpikir optimistis. Kemenangan di Flushing Meadows adalah satu-satunya kemenangan Cilic atas Swiss dalam tujuh pertemuan kariernya.

Meskipun pada perempat final Wimbledon tahun lalu sangat dekat, tapi Cilic akhirnya menyerah di tangan Federer. "Jelas saya akan melihat kembali pertandingan tahun lalu. Saya yakin saya mampu melewatinya dan menang," ujar Cilic.

"Saya merasa sekarang dalam kondisi yang sedikit lebih baik, mungkin sedikit lebih kuat secara mental. Mungkin saya harus belajar beberapa hal lagi, belajar hal yang berharga. Tapi ini final, tidak pernah mudah menghadapinya. Anda tidak pernah tahu bagaimana emosi Anda saat memasuki lapangan."

"Saya percaya bahwa saya punya kemampuan dan memiliki permainan yang bagus. Saya bermain dengan sangat baik selama turnamen berlangsung. Ini jelas sangat penting untuk memberikan saya kepercayaan diri untuk menghadapi Federer pada final ini," tambahnya. 

(David Permana) 

Head to Head

Federer vs Cilic 6-1

Head to Head Wimbledon
Federer vs Cilic 1-0

Trofi Grand Slam
Federer vs Cilic 18-1

Juara Wimbledon
Federer: Winner (2003, 2004, 2005, 2006, 2007, 2009, 2012)

Cilic: -

Video Populer

Foto Populer