Sukses


    Indonesia, Negara Tersukses di SEA Games yang Tengah Terpuruk

    Bola.com, Jakarta - Indonesia masih menyandang status sebagai negara tersukses pada ajang SEA Games. Sejak pertama kali berpartisipasi pada 1977, Tim Merah Putih sudah 10 kali menjadi juara umum.

    Hingga saat ini, saingan terdekat Indonesia dalam mengoleksi gelar juara di SEA Games hanyalah Thailand. Tim Negeri Gajah Putih tersebut sudah tujuh kali jadi kampiun. Adapun Filipina, Malaysia, dan Vietnam masing-masing baru sekali mencicipi gelar. 

    Sepak terjang Indonesia langsung mencuri perhatian sejak menjalani debut pada 1977. Dengan mendulang 62 medali emas, Indonesia langsung menjadi juara umum. Sejak itu, Tim Merah Putih benar-benar tak terbendung. Indonesia kembali juara pada 1979, 1981, 1983, kemudian berlanjut pada 1987, 1989, 1991, dan 1993.

    Saat itu, Indonesia benar-benar menjadi Macan Asia Tenggara, yang ditakuti negara-negara tetangga.

    Namun, kemilau prestasi Indonesia belakangan meredup. Setelah juara pada 1997, Indonesia kesulitan kembali bercokol di puncak, bahkan gagal menjadi runner-up hingga edisi 2009. Para atlet kebanggaan Tanah Air berkutat di posisi ketiga dan keempat. Bahkan, pada 2005, Indonesia mendulang hasil terburuk setelah terpuruk ke peringkat kelima. Itu merupakan prestasi terburuk selama berpartisipasi pada ajang SEA Games.

    Beruntung, pada 2011 Indonesia kembali mencicipi gelar juara saat menjadi tuan rumah. Namun, prestasi tersebut gagal berlanjut pada dua edisi selanjutnya. Bahkan, pada 2015 Indonesia kembali tercecer ke peringkat kelima. Mimpi buruk pada 2005 kembali terulang.

    Menjelang SEA Games 2017, Indonesia kembali dibayangi keragu-raguan. Beberapa waktu lalu Menpora, Imam Nahrawi, menyatakan SEA Games 2017 tak menjadi prioritas Indonesia. Tak ada target yang didengungkan untuk menjadi kampiun di Asia Tenggara. Mungkinkah Indonesia bangkit atau malah bakal kembali terpuruk?

    Berikut ini motion graphic sejarah keikutsertaan Indonesia di kancah SEA Games:

    Video Populer

    Foto Populer