Sukses


    Mengenal 6 Cabang Olahraga Baru di SEA Games 2017

    Bola.com, Jakarta - Penyelenggaraan SEA Games 2017 tinggal menghitung hari. Pada edisi ke-28 itu, terdapat enam cabang olahraga yang akan mencatatkan sejarah untuk pertama kali dipertandingkan di pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara tersebut.

     

    SEA Games pertama kali digelar pada 1959 di Bangkok, Thailand. Pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara itu lebih dulu lahir ketimbang Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang baru terbentuk pada 1967 atau delapan tahun setelahnya.

    Pada edisi SEA Games pertama, jumlah cabang olahraga hanya 12. Jumlah belasan cabor masih bertahan hingga SEA Games ke-13 di Thailand.

    Mulai SEA Games ke-14 di Jakarta, cabang olahraga baru mulai dipertandingkan. Saat itu, total 26 cabang olahraga dilombakan pada pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara itu.

    Bahkan, jumlah cabang olahraga sempat melonjak pada edisi SEA Games ke-26 di Jakarta. Total 44 cabang olahraga dipertandingkan pada SEA Games 2011 dan mencatatkan sejarah terbanyak sepanjang penyelenggaraan.

    Namun, untuk edisi SEA Games Kuala Lumpur 2017 mengalami penurunan jumlah cabang olahraga menjadi 38 atau hanya lebih banyak satu cabang dibandingkan edisi sebelumnya Singapura yakni 37. Meski begitu, ada enam cabang olahraga baru yang menarik untuk dinantikan.

    Berikut ini 6 cabang olahraga yang baru dipertandingkan pertama kali di SEA Games:

     

    2 dari 7 halaman

    1. Hoki Es

    Hoki es merupakan olahraga yang dimainkan di lapangan berlapis es. Olahraga ini memang kurang populer di negara-negara beriklim tropis seperti Asia Tenggara.

    Permainan olahraga ini sebenarnya cukup sederhana. Pemain harus mengoper bola berbentuk pipih menggunakan tongkat ke gawang lawan. Berhubung lapangan diselimuti es, pemain harus menggunakan sepatu skating.

    Untuk edisi pertama, hoki es hanya mempertandingkan kategori putra. Negara yang berpartisipasi dalam olahraga ini di SEA Games 2017 adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Seluruh pertandingan hoki es dijadwalkan digelar di Empire City Ice Arena, Damansara Perdana.

    3 dari 7 halaman

    2. Figure Skating

    Sama seperti hoki es, cabang olahraga figure skating juga akan digelar di lapangan es. Figure skating merupakan cabang olahraga yang menampilkan gerakan tarian. Gerakan dalam olahraga tersebut meliputi melompat, menari, berputar, dan mengangkat.

    Seluruh negara akan berpartisipasi untuk cabang olahraga ini. Pada penyelenggaraannya, figure skating akan dibagi ke dalam dua kelas yakni individu putra dan individu putri. Seluruh pertandingan figure skating akan digelar di Empire City Ice Arena, Damansara Perdana.

     

    4 dari 7 halaman

    3. Short Track Speed Skating

    Short Track Speed Skating merupakan perlombaan skating tercepat dengan menempuh jarak tertentu. Lapangan yang digunakan pun berlapis es yang membuat para pemainnya harus menggunakan sepatu khusus.

    Olahraga ini biasanya dimainkan dalam bentuk tim berkisar antara 4 atau 6 orang. Pada SEA Games 2017, Short Track Speed Skating melombakan kelas 500 meter, 1.000 meter, dan 3.000 meter untuk kelas putra dan putri.

    Seluruh negara akan berpartisipasi untuk cabang olahraga ini. Pertandingan Short Track Speed Skating dijadwalkan akan digelar di Empire City Ice Arena, Damansara Perdana.

    5 dari 7 halaman

    4. Cricket

    Cricket merupakan olahraga tim yang dimainkan dua kelompok. Masing-masing tim terdiri dari 11 orang. Olahraga ini menggunakan pemukul dan bola dengan tujuan permainan mencetak lebih banyak angka dari tim lainnya.

    Seluruh negara berpartisipasi dalam olahraga ini. Pada SEA Games 2017, cricket akan memainkan dua nomor untuk putra yakni Twenty20 tournament dan 50 over tournament. Adapun untuk putri hanya melombakan kelas Twenty20 tournament. Seluruh pertandingan rencananya digelar di Kinrara Oval, Puchong, Selangor.

    6 dari 7 halaman

    5. Tarung Derajat

    Tarung Derajat akan pertama kali dipertandingkan di SEA Games 2017. Tarung Derajat merupakan seni bela diri yang berasal dari Indonesia.

    Olahraga ini sempat diperkenalkan ketika Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games 2011, sebagai cabang ekshibisi. Sayangnya, Tarung Derajat tak bisa dilombakan pada SEA Games 2013 dan 2015.

    7 dari 7 halaman

    6. Bridge

    Sama seperti Tarung Derajat, Bridge juga akan pertama kali dipertandingkan di SEA Games 2017. Bridge merupakan permainan kartu yang mengandalkan kemampuan bermain dan keuntungan.

    Permainan ini dimainkan oleh empat orang yang duduk berhadap-hadapan. Peraturannya cukup sederhana, bahkan mirip dengan permainan kartu lainnya.

    Video Populer

    Foto Populer